PENERAPAN DISILIN SISWA-SISWI DI SD

   Latar  Belakang Masalah
Penetapan disiplin disetiap sekolah itu sangatlah diperlukan supaya siwa mengetahui dalam belajar mengajar itu perlu disiplin, disiplin ketika masuk sekolah disiplin dalam belajar disiplin dalam menjaga kebersihan diri maupun lingkungannya kelas mmereka.
Disiplin ialah patuh, dan ketetapan waktu dalam menjalankan kegiatan-kegiatan belajar mengajar, serta tepat waktu. Penerapan kedisiplinan tidak hanya disekolah aja, tapi ketetapan disiplin juga harus dilakukan dirumah. Siswa tidak bisa disiplin tampa bantuan guru, serta orang tua siswa masing-masing. Nah peranan guru sangatlah penting mengajarkan bagaimana cara disiplin yang benar kepada anak-anak didik mereka supaya kelak mereka menjadi anak-anak yang patuh dan mengetahui akan kedisiplinan.
B.     Indetifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang penulis uraikan yang menjadi indetifikasi masalah ialah:
1.      Disiplin sangatlah diperlukan untuk setiap siswa-siswa Sd 4 seunuddon
2.      Bagaiman cara Penerapan disiplin siswa-siswa Sd 4 seunuddon
C.    Fokus Masalah
Mengacu dari uraian diatas, maka penulis terdorong untuk meneliti tentang penerapan disiplin siswa-siswi di sd 4 seunuddon.
D.    Pertayaan Penelitian
Agar penelitian dapat terlaksana dan terarah jadi sistematis dan memiliki kesimpulan yang jelas. Maka penulis perlu merumuskan bagaimana penerapan disiplin siswa-siswi di SD 4 seunuddon ialah :
1.      Bagaimana tingkat penerapan disiplin siswa-siswi disekolah dasar SD 4 seunuddon
2.      Bagaimanakah cara guru menerapkan disiplin siswa-siswi SD 4 seunuddon
E.     Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui dan mengambarkan informasi tentang bagaimana cara guru menerapkan disiplin pada siswa-siswi dalam mendidik kedisiplinan di sekolah dasar SD 4 seunuddon.
F.     Sumber Data
Untuk memperoleh data perlu adanya sember data, tempat diambil data, dalam penelitian ini penulis mengambil sumber data dengan terjun kelapangan langsung kelokasi penelitian, data yang dikumpul dalam penelitian ini adalah data primer yaitu mewawancarai guru yang berprofesional serta mewawancarai kepala sekolah.
G.    Metode Penelitian
a.       Pendekatan penelitian
Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian temuanya tidak diperoleh melalui prosedur bentuk statistic atau hitungan lainnya[1]. Dan dengan menggunakan metode Deskriktif yaitu menggumpulkan data-data umumnya berbentuk gambaran dan kebanyakan bukan menganalisis dengan angka-angka.
b.      Teknik Pengumpulan Data
Adapun tekni pengumpulan data yang penulis pakai adalah sebagai berikut:
Library Research (penelitian kepustakaan) adalah suatu cara untuk dilakukan untuk mengumpulkan data atau informasi ilmiah melalui wadah bacaan dipustakaan dengan menelaah bahan-bahan, literature dengan bahan-bahan yang ada dengan masalah yang diteliti.
Field Risearch (penelitian lapangan) adalah suatu langkah yang ditempuh dalam memperoleh dan mengumpulkan data atau informasi yang ada dilapangan dengan tujuan penelitian. Adapun teknik data yang digunakan diantaranya ialah:
a.       Wawancara (Interview)
Dalam penelitian kualitatif teknik wawancara sering digunakan untuk memperoleh data langsung dari responden. Wawancara adalah suatu bentuk komunikasi verbal atau percakapan yang dilakukan oleh orang lain dengan maksuduntuk memperoleh informasi (data) tentu oleh interviewer[2]. Dalam penelitian naturalistik wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang paling penting.
b.      Observasi Dokumentasi
Dalam laporan ini perlu diadakan pemeriksaan langsung dan pengamatan secara akurat melalui dokumentasi yang ada seperti pada buku induk serta obserpasi penelitian.
c.       Teknik pengolahan dan Analisis Data
Data-data yang telah dikumpulkan dengan tiga cara yaitu cara yang pertama adalah melalui observasi,wawancara dan dokumentasi akan diolah dan disusun dengan menggunakan bentuk kualitatif deskriktif.
DAFTAR PUSTAKA
Ali Imran, Pembinaan Guru di Indonesia Pustaka Jaya,Jakarta 1995
Depdikbud.. Kamus Besar Bahasa Indonesia,Balai Pustaka, Jakarta, 1996
S. Nasution,Metode Penelitian,Alumni Bandung,1986


[1] Sudar Danim,Menjadi Penelitian kualitatif,cet 1 (Bandung:Pustaka Setia,2002)hal.61
[2] S. Nasution Metode Penelitian,Alumni Bandung,1986 hal 149
Lebih baru Lebih lama