Latar Belakang Masalah
Penetapan disiplin disetiap sekolah itu sangatlah
diperlukan supaya siwa mengetahui dalam belajar mengajar itu perlu disiplin,
disiplin ketika masuk sekolah disiplin dalam belajar disiplin dalam menjaga
kebersihan diri maupun lingkungannya kelas mmereka.
Disiplin ialah patuh, dan ketetapan waktu dalam
menjalankan kegiatan-kegiatan belajar mengajar, serta tepat waktu. Penerapan kedisiplinan tidak hanya
disekolah aja, tapi ketetapan disiplin juga harus dilakukan dirumah. Siswa
tidak bisa disiplin tampa bantuan guru, serta orang tua siswa masing-masing.
Nah peranan guru sangatlah penting mengajarkan bagaimana cara disiplin yang
benar kepada anak-anak didik mereka supaya kelak mereka menjadi anak-anak yang
patuh dan mengetahui akan kedisiplinan.
B.
Indetifikasi
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang penulis uraikan yang
menjadi indetifikasi masalah ialah:
1. Disiplin sangatlah diperlukan untuk setiap siswa-siswa Sd
4 seunuddon
2. Bagaiman cara Penerapan disiplin siswa-siswa Sd 4
seunuddon
C.
Fokus
Masalah
Mengacu dari uraian diatas, maka penulis terdorong
untuk meneliti tentang penerapan disiplin
siswa-siswi di sd 4 seunuddon.
D.
Pertayaan
Penelitian
Agar penelitian dapat terlaksana dan terarah jadi
sistematis dan memiliki kesimpulan yang jelas. Maka penulis perlu merumuskan bagaimana penerapan disiplin siswa-siswi di SD 4
seunuddon ialah :
1. Bagaimana
tingkat penerapan disiplin siswa-siswi disekolah dasar SD 4
seunuddon
2. Bagaimanakah
cara guru menerapkan disiplin siswa-siswi SD 4 seunuddon
E.
Tujuan
Penelitian
Untuk mengetahui dan mengambarkan informasi tentang bagaimana cara guru menerapkan disiplin pada siswa-siswi
dalam mendidik kedisiplinan di sekolah dasar SD 4 seunuddon.
F.
Sumber
Data
Untuk memperoleh data perlu adanya sember data, tempat diambil data,
dalam penelitian ini penulis mengambil sumber data dengan terjun kelapangan
langsung kelokasi penelitian, data
yang dikumpul dalam penelitian ini adalah data primer yaitu mewawancarai guru yang berprofesional serta mewawancarai kepala
sekolah.
G.
Metode
Penelitian
a. Pendekatan
penelitian
Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan
pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian temuanya tidak diperoleh melalui
prosedur bentuk statistic atau hitungan lainnya[1].
Dan dengan menggunakan metode Deskriktif yaitu menggumpulkan data-data umumnya
berbentuk gambaran dan kebanyakan bukan menganalisis dengan angka-angka.
b. Teknik
Pengumpulan Data
Adapun tekni
pengumpulan data yang penulis pakai adalah sebagai berikut:
Library
Research (penelitian kepustakaan) adalah suatu cara untuk dilakukan untuk
mengumpulkan data atau informasi ilmiah melalui wadah bacaan dipustakaan dengan
menelaah bahan-bahan, literature dengan bahan-bahan yang ada dengan masalah
yang diteliti.
Field
Risearch (penelitian lapangan) adalah suatu langkah yang ditempuh dalam
memperoleh dan mengumpulkan data atau informasi yang ada dilapangan dengan
tujuan penelitian. Adapun teknik data yang digunakan diantaranya ialah:
a. Wawancara
(Interview)
Dalam penelitian kualitatif teknik wawancara sering
digunakan untuk memperoleh data langsung dari responden. Wawancara adalah suatu
bentuk komunikasi verbal atau percakapan yang dilakukan oleh orang lain dengan
maksuduntuk memperoleh informasi (data) tentu oleh interviewer[2].
Dalam penelitian naturalistik wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang
paling penting.
b. Observasi
Dokumentasi
Dalam laporan ini perlu diadakan pemeriksaan langsung
dan pengamatan secara akurat melalui dokumentasi yang ada seperti pada buku
induk serta obserpasi penelitian.
c. Teknik
pengolahan dan Analisis Data
Data-data yang telah dikumpulkan dengan tiga cara
yaitu cara yang pertama adalah melalui observasi,wawancara dan dokumentasi akan
diolah dan disusun dengan menggunakan bentuk kualitatif deskriktif.
DAFTAR PUSTAKA
Ali Imran, Pembinaan Guru di
Indonesia Pustaka Jaya,Jakarta 1995
Depdikbud.. Kamus Besar Bahasa
Indonesia,Balai Pustaka, Jakarta, 1996
S.
Nasution,Metode Penelitian,Alumni Bandung,1986
Tags
ARTIKEL MAKALAH