Makalah tentang Blog

 


Makalah Tentang Blog



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakan
Pada masa Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian pesat dan sangat maju serta diminati semua orang baik remaja ataupun dewasa ini mengacu pada sumber informasi yang sudah tak asing lagi yakni internet. Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Manfaat internet sebagai sarana untuk menuju salah satu solusi untuk mengefisienkan berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan.Salah satunya melahirkan media web baru yang di sebut blog.
Dilihat dari kondisi tersebut berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana dengan blog yang semakin lama semakin berkembang sehingga kita dapat menggunakannya untuk memperluas hubungan teman/kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. Dan membuat blog itu kita dapat gunakan dalam berbagai bidang seperti ajang untuk memperoleh beragam info ataupun berbisnis. Dengan membuat Blog sebagai sebuah media memiliki berbagai fasilitas sebagai sebuah website pribadi atau konstitusi.
Web blogger merupakan sarana penyampaian secara online yang memiliki fasilitas dasar internet yang mampu menembus batas ruang dan waktu.Blog juga merupakan media yang sangat interaktif dan media yang sangat dinamis untuk menambah wawasan dan eksistensi diri.Blog merupakan salah satu media digital yang komunitas elektroniknya bertebaran dialam Maya,yaitu di internet dan dengan sekian banyaknya blog di internet yang selalu mencari website-website yang menarik maka akan membuat blog semakin unik saja.
Beragam pungsi kita temukan dalam Blog  , dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik,program program media dan korporasi. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

1.2 Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan blog ?
2.      Bagaimana sejarah terciptanya blog ?
3.      Bagaimana cara mebuat blog ?
4.      Bagaimana cara mempercantik tampilan blog ?
5.      Apa saja istilah-istilah dalam blog ?
6.      Apa saja situs penyedia blog ?
7.      Apa saja jeni-jenis blog ?
8.      Apa tujuan dan manfaat blog ?

1.3 Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari blog
2.      Untuk mengetahui sejarah terciptanya blog
3.      Untuk mengetahui cara membuat blog
4.      Untuk mengetahui cara mempercantik tampilan blog
5.      Untuk mengetahui istilah-istilah dalam blog
6.      Untuk mengetahui situs-situs penyedia blog
7.      Untuk mengetahui jenis-jenis blog
8.      Untuk mengetahui tujuan dan manfaat blo

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian dan sejarah blog
Secara etimologi,Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”.Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar komentar mereka sendiri dijurnal online mereka. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.
 
Menurut wikipedia yang berbahasa Indonesia,Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik,meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
 
Definisi Blog Versi Bloggingly Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.
Definisi blog menurut Labibah Zain, Pendiri Blogger Family dalam tulisan berjudul Potret Pergaulan Era Global yang dimuat di Harian Kompas tanggal 2 Mei 2005: WEB dan log (weblog) adalah media dimana pemiliknya menuliskan catatan pengalaman pribadi, opini berupa tulisan maupun gambar yang bisa terus diperbarui dan diakses melalui internet. Pemilik weblog-disebut weblogger-bebas mencurahkan pemikiran baik berupa tulisan maupun gambar di situ, melengkapi dengan desain yang diingini dan melengkapinya dengan fasilitas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik dan pengunjung weblog-nya.
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman“What’s New”pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan catatan perjalanan seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar cerdas mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.
Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendir
2.2. Perbedaan blog dengan website
Blog itu bagian dari website (situs web). Dengan kata lain, sebuah blog sudah pasti sebuah website, tapi sebuah website belum tentu sebuah blog. Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yang namanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur, dapur, dll. Nah, blog itu ibaratnya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website) itu.
Satu hal yang menarik, menurut Jeff Korhan, Google menyukai blog karena konten yang dipublikasikannya itu segar, relevan, dan aktual. Jika berkualitas tinggi, justru blog yang biasanya ada di peringkat teratas hasil pencarian Google.
Perbedaan blog dan website biasanya dilihat dari sisi:
  1. Kepemilikan
  2. Tampilan
  3. Domain - Hosting
  4. Gaya Bahasa
Blog biasanya dimiliki individu atau perorangan yang hobi menulis yang disebut blogger. Website biasanya dimiliki lembaga atau perusahaan. Namun, banyak juga lembaga/perusahaan memilih jenis blog sebagai situs webnya --dengan menggunakan nama domain sendiri (cutom domain) atau blog selfhosting dengan menggunakan CMS Wordpress misalnya.
Tampilan blog biasanya lebih simple daripada website. Namun, dengan platform blogger (blogspot.com), tampilan blog bisa lebih bagus dari website. Banyak template blog yang keren dan bagus, layaknya web profesional. (Lihat misalnya: Template Blog SEO Responsif).
Gaya bahasa blog biasanya personal, gaya ngobrol atau percakapan. Namun, blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa "formal" layaknya website.

2.3. Platform blog
Sejak kehadiran blogger, bermunculan situs penyedia blog gratis sehingga menjadi alternatif bagi para blogger untuk membuat blog. Situs The Next Web mencatat 15 platform blog terbaik di dunia saat ini.
  1. WordPress (Wordpress.com dan Wordpress.org)
  2. Blogger (Blogspot.com)
  3. Tumblr
  4. Medium
  5. Svbtle
  6. Quora
  7. Postach.io
  8. Google+
  9. Facebook Notes
  10. SETT
  11. Ghost
  12. Squarespace
  13. Typepad
  14. Posthaven
  15. LinkedIn Influencers
Berdasarkan rangking popularitas di Alexa, ada dua platform blog teratas atau paling banyak dikunjung user di level global, yaitu:
  1. Blogger/Blogspot
  2. Wordpress


2.4. Jenis-jenis blog
Berdasarkan Platform :
  1. Free Blog, seperti blogger/blogspot, wordpress, dll.
  2. Self-Hosting Blog, seperti wordpress.org, joomla, drupal, dll.
  3. Citizen Journalism Blog, seperti kompasiana, blogdetik, dll.
Berdasarkan Format Isi (Konten) :                                        
  1. Vlog = Video Blogging = Vlogging,  yaitu blog dengan konten utama berupa video.
  2. Photoblog. Disingkat Phlog yaitu blog dengan konten utama foto.
  3. Audioblog Blog berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten utama, misalnya Podcast dan MP3 blog atau musicblog, yang memungkinakan file musiknya bisa di-download.
  4. Microblog. Microblogging yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status panjang, plus fasilitas Facebook Note.
  5. Niche Blog, blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu, misalnya blog kesehatan, blog politik, dll.
  6. General Blog, blog yang berisi berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu.
Berdasarkan Tema, Jenis blog berdasarkan tema sangatlah banyak, mulai dari:
  1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  4. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  7. Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  8. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  9. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  10. Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  11. Blog agama: Membahas tentang agama
  12. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  13. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  14. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  15. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  16. Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  17. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  18. Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

2.5. Cara membuat blog di blogger/blogspot
            Hal pertaa yang harus diperhatikan dalam membuat blog di blogger/blogspot adalah pastikan bahwa kita memiliki akun gmail karena blogger atau blogspot bekerjasama dengan google, jadi blog yang kita buat bisa tampil di mesin pencarian google. Jika kita belum meiliki akun gmail maka kita terlebih dahulu harus membuat akun gmail. Berikut adalah car membuat akun gmail :
1.      Kunjungi Gmail.com. Langkah pertama untuk membuat akun email dengan Gmail, layanan email gratis dari blog adalah untuk mengunjungi situs utama Gmail. Ketik ” gmail ” ke bar navigasi dari browser Anda, atau sebaliknya, ketik “Gmail” ke mesin pencari pilihan Anda dan klik hasil yang relevan. Klik “Buat akun” Pada layar login Gmail, lihat link pembuatan akun di bawah form login. Klik link ini untuk melanjutkan ke proses pembuatan akun.

Form Login Gmail
2.      Masukkan informasi pribadi Anda. Masukkan nama depan dan nama belakang, tentukan sandi dan ulang tahun anda. Pada kolom berikutnya, Anda akan diminta untuk gender, nomor telepon dan alamat email alternatif. Untuk pengisian alamat email alternatif bersifat opsional.

Memasukkan Nama
3.       Pilih alamat email dan password. Pada halaman pembuatan akun yang sama, Anda juga akan diminta untuk menentukian alamat email dan password. Sandi yang Anda pilih minimal delapan karakter, sedangkan alamat email Anda buat belum pernah digunakan oleh orang lain. Masukkan informasi ini dalam kotak yang sesuai. Anda harus mengetikkan password dua kali untuk konfirmasi keakuratan.

Memasukkan Password
4.      Gulir ke bawah sampai Anda melihat gambar yang berisi beberapa nomor. Ketik angka-angka ini ke dalam kotak yang ditunjuk – hal ini memastikan bahwa Anda adalah manusia dan bukan robot yang mencoba untuk mendaftar akun email. Jika Anda tidak ingin berpartisipasi dalam proses verifikasi ini, Anda akan diminta untuk memverifikasi melalui telepon.

Verifikasi Human
5.      Centang kotak di sebelah teks yang mengatakan “Saya menyetujui Persyaratan Layanan Google dan Kebijakan Privasi Google.” Ini menandakan bahwa Anda memahami dan menyetujui segala persyaratan, klik “Langkah berikutnya.”

Centang Persetujuan
6.      Selamat! Kita telah berhasil membuat akun Gmail baru :). Cukup selesai disini, silahkan Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk mengakses inbox email anda.
Setelah anda mempunyai akun gmail atau akun google, silahkan kunjungi ” www.blogger.com ” dan kita akan melihat halaman login seperti gambar berikut.
Halaman Login
Setelah login kita akan menghadapi pilihan untuk menggunakan identitas, kita dapat memilih profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot. Lebih di sarankan memilih profil Google plus.
                          
Memilih Profil
Langsung tekan tombol ” Lanjutkan ke Blogger “. Setelah itu kita akan melihat halaman membuat blog di blogspot seperti gambar berikut. Pada halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita baru akan memulai dalam membuat blog maka kita belum melihat daftar blog tersebut, untuk memulai membuat blog silahkan klik tombol ” Blog Baru “.

Memulai Blog Baru
Memberi Nama dan Alamat Blog di Blogspot/blogger
Setelah kita klik tombol ” Blog Baru ” kita akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai dengan menambahkan nama dan memilih nama domain.
Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar membuat blog di blogspot berikut:

Halaman Membuat Blog
Keterangan nomor pada gambar
  • Nomor 1 adalah tempat kita untuk memberi judul atau nama blog
  • Nomor 2 adalah tempat kita untuk memberi alamat blog kita
  • Nomor 3 adalah tempat kita untuk memilih template blog kita, kita bisa merubah-nya nanti pada halaman template, jadi untuk sementara pilih saja yang standar
  • Nomor 4 merupakan keterangan alamat blog yang kita ketik tersedia atau tidak, pastikan alamat blog tersedia.
  • Nomor 5 adalah tombol untuk mengakhiri , tekan tombol ini jika anda sudah merasa puas dengan nama dan alamat yang anda pilih.

Memulai Post
Mengenal Dashboard di Blogspot/blogger
Sekarang blog kita sudah dibuat tetapi belum selesai sepenuhnya. Ada beberapa pengaturan yang perlu kita lakukan pada blog yang baru dibuat, agar membuat blog di Blogspot kita semakin SEO, seperti merubah template dan menambah halaman. Sekarang kita berada di dashboard Blogspot di mana kita akan melihat backend blog dan bisa pergi ke pengaturan dan membuat perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog. Berikut adalah  dashboard beserta penjelasan:

dashboard blogspot
Keterangan nomor pada gambar
  • Nomor 1 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat blog baru
  • Nomor 2 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat post baru
  • Nomor 3 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin melihat blog secara live
  • Nomor 4 merupakan daftar shortcut menuju pengaturan, post, dan lain-lain
  • Nomor 5 merupakan area artikel dari blog yang kita ikuti atau follow
  • Nomor 6 merupakan area identitas atau profil kita di google, dalam area ini kita bisa login dan logut.
Setelah kita mengenal fungsi dari dashboard blogspot/blogger, silahkan anda klik menu “ Ikhtisar ” untuk melihat daftar menu dalam memulai membuat post, halaman, sampai mengatur adsense pada blog kita.
Untuk melihat tampilan blog yang sudah dibuat, silahkan klik tombol no 3 pada nomor diatas, maka tampilan blog akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Perhatikan bahwa template sudah sesuai dengan template yang telah dipilih sebelumnya.

2.6. Mempercantik tampilan blog
            Tampilan blog merupakan salah satu hal penting dalam blogging karena dapat menarik minat pembaca untuk mengunjungi blog kita. Ada banyak cara untuk mempercantik tampilan blog, berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat mempercantik tampilan blog sehingga terlihat lebih menarik
1.      Mengganti Template jadi Profesional
Untuk bisa memiliki template/skin atau tampilan blog yang menarik dan tampak bagus layaknya blogger professional maka syaratnya kita harus merombak semua, tapi soal ini bukan berarti kita harus rubah satu per satu kode scriptnya karena kalau bukan Programmer sudah pasti tidak akan bisa melakukannya.
Solusinya adalah dengan jalan mengganti template bawaan dengan yang baru, berikut caranya :
  1. Kunjungi situs http://btemplates.com/
  2. Pilih template yang bagus tampilannya, dan karena sekarang lagi marak penggunaan HP pintar untuk mengakses internet maka disarankan pilih jenis template yang ukurannya bisa menyesuaikan semua gadget dan perangkat, dalam hal ini disebut juga dengan Template Responsive. Kebetulan di tahun 2015-2016 ini Google baru saja meluncurkan algoritma baru bernama Mobilegeddon yang mana dengannya pencarian dari pengguna internet akan disesuaikan dengan perangkat yang mereka gunakan, misalnya saja si visitor sedang pakai gadget ketika melakukan Browsing maka secara otomatis google akan mendahulukan blog yang responsive dari pada yang tidak karena umumnya blog demikian menyulitkan pembaca saat dibuka.
  3. Lihat demonya – ini penting dilakukan, yakni melihat tampilan sebenarnya pada saat online, bukan cuma dengan gambar dan screenshot, dan baru setelah itu bisa diputuskan akan digunakan atau tidak.
  4. Download – Untuk tahap ini mudah saja dilakukan, cukup cari tulisan ‘Download’ di bawah gambar tampilan template di btemplates.com tersebut dan secara otomatis akan muncul halaman kecil yang meminta kamu men-savenya di komputermu.
  5. Upload – Setelah tersimpan di komputer, sekarang waktunya menggunakan template tersebut dengan mengganti yang lama.
  6. Selanjutnya, jika anda sudah mengganti dengan tampilan yang custom maka tinggal menatanya agar semakin baik di mata mesin pencari, terutama Google. Ini karena jika sebuah blog dianggap baik maka ia akan diberi ranking yang baik pula, paling tidak, walau tidak jadi ranking 1, tapi bisa masuk halaman pertama.

2.      Menggunakan Widget
Untuk kepentingan tampilan saja mungkin anda akan menggunakan widget seperti Jam, gambar flash dan sebagainya, tapi untuk tujuan SEO sebaiknya jangan digunakan, lebih baik pakai widget yang baik untuk mensin pencari saja, seperti untuk Artikel Terpopuler dan Terbaru, Profil Google Plus dan Likenya, Fanpage Facebook atau Twitter. Selain yang disebutkan sebaiknya dihindari saja karena akan memperlambat loading blog. Dan untuk mendapatkan semua widget tersebut sudah tersedia di dalam blogspot anda. Caranya, pilih menu “Tata Letak” lalu tulisan biru “Tambahkan Widget” anda klik dan selanjutnya tinggal pilih jenis widget blog yang mana yang mau digunakan.
Untuk pengguna WordPress kami sarankan gunakan yang lazim dan paling penting saja digunakan, seperti Tombol Share di setiap Artikel dan untuk ini disarankan pakai yang simple saja seperti AddToAny dan AddThis. Selain itu, jika ingin membuat blog lebih menarik lagi maka disarankan gunakan Plugin seperti :
  1. FeedBurner Form – Plugin ini untuk menggait banyak pembaca setia dengan jalan mereka menginput alamat emailnya.
  2. Protect WP-Admin – Gunanya untuk menyamarkan alamat login blog sehingga lebih aman.
  3. WP Social Popup and Get Traffic – Sebagai halaman popup untuk mengajak orang me-like sosial media anda.
  4. WP Super Cache – Gunanya untuk mempercepat loading blog dengan mencatat cache dari pengunjung sebelumnya.
  5. WordPress SEO by Yoast – Untuk menata meta tag dan teknik SEO lainnya. Ini penting sekali.
  6. No Follow All External Links – Untuk membuat semua link keluar jadi no-follow.

2.7. Istilah-istilah dalam blog
1.      Blog, merupakan kependekan dari Weblog yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum.
2.      Blogger, sebutan bagi seseorang yang menulis di blog mereka
3.      Blogging, kegiatan - kegiatan yang dilakukan dalam dunia Blog
4.      Blogroll, merupakan fitur dari Blogger yang menampilkan Link - link tertentu sesuai yang mereka tambahkan. Fitur ini biasanya digunakan untuk Tukeran link sesama blogger.
5.      Blogosphere, istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan Blog.
6.      Postingan, suatu kegiatan oleh seorang Blogger untuk mengirimkan Artikel ke dalam Blognya.
7.      Laman, hampir sama dengan Postingan, tapi tulisan yang diketik di Laman, nantinya akan muncul tersendiri menjadi menu pada halaman Blog.
8.      Komentar, tempat yang dikhususkan untuk para pengunjung untuk memberikan komentar pada suatu postingan, bisa berupa saran, kritik, dan diskusi.
9.      Komentar SPAM, komentar yang ditulis semata-mata hanya untuk promosi atau memperoleh backlink dan komentar yang ditulis tidak bersangkutan dengan Postingan yang dibahas.
10.  Traffic, adalah orang - orang yang mengunjungi blog kita atau yang biasa disebut dengan Pengunjung.
11.  Anchor Text, sebuah teks yang berisi link didalamnya, Misal : Tutorial Blogz
12.  Backlink, sebuah link yang terdapat pada blog lain yang menuju ke Blog kita.
13.  Tata letak, merupakan bagian dalam Blogger. Pada bagian ini berfungsi untuk menambahkan, menghapus atau mengatur letak Gadget/Widget dalam Blog.
14.  Template, suatu pola atau desain pada suatu Blog. Template ini berfungsi untuk mengatur tampilan blog.
15.  HTML, Hyper Text Markup Language atau yang disingkat HTML ini adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
16.  JavaScript, adalah bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web terlihat lebih hidup.
17.  SEO, search Engine Optimization atau yang sering disebut SEO adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan sebuah situs agar mudah ditemukan/terindex oleh Mesin pencari seperti Google. 
18.  SERP, merupakan kependekan dari Search Engine Result Page yang merupakan hasil pencarian terhadap mesin pencari (search engine). Misalnya Anda sedang melakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci yang Anda cari, kemudian akan muncul 10 hasil pencarian sesuai dengan kata kunci Anda tadi. Nah, Itulah yang dimaksud dengan SERP.
19.  Keyword, secara singkat, Keyword adalah Kata kunci. Yang merupakan kata/frasa yang diinput seseorang di mesin pencari (search engine). Contohnya, Anda mengetik di Google dengan menggunakan kata kunci "harga blackberry terbaru".
20.  HomePage, halaman utama/awal pada suatu web. 
21.  Header, bagian paling atas halaman blog. Ini biasa digunakan untuk Menempatkan Judul dan Deskripsi Blog atau Logo Blog.
22.  Sidebar, kolom-kolom yang terdapat disisi blog. Biasanya digunakan untuk meletakkan Gadget/Widget tertentu.
23.  Footer, bagian paling bawah halaman blog. 
24.  Gadget, kumpulan elemen atau fitur-fitur (gratis) yang sudah disediakan oleh Pihak Blogger.
25.  Label, adalah sebuah kategori untuk mengelompokkan artikel (postingan) yang berhubungan yang telah terdapat di Blogger. Tujuan menampilkan label ini agar mempermudah pengunjung untuk menemukan Artikel yang sedang dicari.
26.  Arsip, merupakan gadget Blogger yang berfungsi untuk menampilkan terbaru berdasarkan hari, tanggal, bulan maupun tahun. 
27.  Favicon, favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon adalah sebuah ikon yang ditampilkan dengan logo sebuah web atau blog yang ditampilkan pada Address bar.
28.  Followers, gadget dari Blogger untuk mengikuti suatu blog. 
29.  CSS CSS atau Cascading Style Sheet adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.
30.  jQuery, merupakan sebuah library JavaScript yang sangat ringkas dan sangat sederhana untuk memanipulasi komponen di dokumen HTML.
31.  Feed, Feed sering disebut juga dengan Feed Web atau Feed News, adalah format data yang digunakan pada pengguna internet untuk berlangganan pada postingan suatu blog. 
32.  RSS, merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, adalah format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah web atau blog yang di update secara berkala. 
33.  XML, merupakan singkatan dari eXtebsible Markup Language, adalah sebuah format teks sederhana yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.
34.  Atom, adalah sebuah format indikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan update artikel dari sebuah web atau blog.
35.  Ping, merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher, yaitu sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dalam dunia blogger, ping merupakan tindakan mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa blog kita telah di update.
36.  Pro Blogger, seorang blogger profesional atau yang sudah berpengalaman dalam dunia Blogging.
37.  URL, merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, rangkaian karakter menurut format dan standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat link tertentu. Misal : http://tutorial-blogz.blogspot.com.
38.  Link, alamat URL yang terdapat pada teks atau gambar.
39.  Alexa Rank, sebuah peringkat website yang dibuat oleh situs Alexa.com. Alexa Rank menampilkan peringkat website berdasarkan trafik pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser mereka. Bila nilai angka pada Alexa Rank blog kita semakin kecil, maka akan semakin bagus.
40.  PageRank, PageRank merupakan cara (algoritma) untuk memberikan peringkat pada halaman web yang mencerminkan seberapa penting halaman web tersebut dengan halaman web lainnya. PageRank digunakan pada mesin pencari (search engine) seperti Google. Skor PageRank berkisar antara 0 - 10. Bila nilai angkanya semakin besar, maka akan semakin bagus.
41.  Domain, adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan komputer atau internet. 
42.  Hosting, tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.
43.  Plug-In, sebuah modul program komputer atau alat yang berinteraksi dengan yang lain untuk menambahkan fungsi tambahan yang spesifik, atau mendukung format file yang spesifik. 
44.  Social Bookmarking, suatu web untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi alamat situs yang dianggap favorite.
45.  Social Network, layanan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam untuk mempermudah pengguna (user) untuk berinteraksi, seperti chat, email, video, blog dan Lain - lain.
46.  Social Media, sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
47.  Black Hat SEO, suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan mesin pencari (search engine) seperti Google. 
48.  White Hat SEO, suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan oleh search engine.
49.  Duplicate Content, konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog. 
50.  Subscriber, pengunjung yang berlangganan kepada suatu web atau blog, bisa melalui RSS Feed, Email ataupun Atom.
51.  Niche Blog, suatu kata/frase untunk topik atau subjek bahasan tertentu yang terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu. 
52.  Dummy Blog, merupakan situs atau blog yang bertujuan hanya untuk memperoleh backlink untuk blog utama.

2.8.      Tujuan dan manfaat blog
Tujuan blog secara umum :
  1. Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
  2. Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
  3. Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
  4. Berkarya atau aktualisasi diri
  5. Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
  6. Berbagi pengalaman
  7. Berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
  8. Banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat
Manfaat blog
  1. Berbagi tulisan, baik dalam bentuk cerita, pengalaman dan pengetahuan lainnya. Sehingga orang lain yang membutuhkan, lalu menemukan tulisan Anda, merasakan kebermanfaatan blog Anda. Hitung-hitung cari pahala.
  2. Saraa untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Dengan kata lain, blog bisa Anda manfaatkan sebagai toko online.
  3. Dapat menghasilkan uang. Penghasilan tersebut bisa anda jadikan sebagai penghasilan sampingan ataupun penghasilan tetap, asalkan Anda benar-benar serius dalam mengembangkannya. Misalnya mengikuti PPC, bisnis Afiliate, dan lain sebagainya.
  4. Mengikuti kontes. Dewasa ini, berbagai kontes dan lomba, sudah menjamur, baik itu berupa kontes SEO, ataupun kontes review, sehingga memungkinkan para blogger berkesempatan untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah.
  5. Sarana untuk berkreasi, misalnya Anda suka menulis, edit foto, Fotografer, dll. Anda bisa share dan tunjukkan kepada dunia hasil karya Anda.
  6. Menjadi media curhat. Di blog Anda bisa bercerita apa saja yang ingin Anda ceritakan. Tentunya sangat lebih bijak jika itu dapat memberikan dampak positif terhadap pembaca Anda. Sehingga pemikiran-pemikiran Anda dapat anda curahkan dengan plong
Lebih baru Lebih lama