BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi bagian dari indera penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video dan gambar gerak rekaan atau animasi) dan bagian dari indera pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan bagian dari
indera penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan
gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi
membangkitkan sense realistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia
sejak ditemukan teknologi pendeteksi bau
melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang
operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui
internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa
mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai
jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau
yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan
dengan printer, alat ini menjadikan feromon - feromon bau sebagai pengganti tinta, output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
1.2 Tujuan
Multimedia dimanfaatkan dalam dunia pendidian. Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun
secara sendiri - sendiri. Kelebihan Multimedia adalah menarik indera dan
menarik minat, karena merupakan gabungan riset dan penerbitan komputer
yaitu Computer Technology Reseach (CTR), menyatakan bahwa orang hanya
mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengar. Tetapi
orang dapat mengingat 50% dari yang dilihat dan didengar dan 80% dari
yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. Maka multimedia sangat
efektif.
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 Pengertian Multimedia
- Rosch (1996) Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
- Mc Cormick (1996) Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar, dan teks
- Turban dkk. (2002) Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara atau musik), animasi, vidio, teks, grafik dan gambar
- Robin dan Linda (2001) Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis atau interktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio,dan gambar video
- Hosfstetter (2001) Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi
2.2 Manfaat Multimedia dalam Pembelajaran
Secara
umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih
menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi,
kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar
dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat
ditingkatkan.
Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu :
- Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata seperti kuman, bakteri, elektron dll.
- Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah seperti gajah, rumah, gunung, dll.
- Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet mars, berkembangnya bunga dll.
- Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan, bintang, salju, dll.
- Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
- Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
2.3 Langkah - Langkah Pembuatan Multimedia
- Nyalakan Komputer
- Pilih all program
- Klik windows movie maker
- Tentukan objek yang akan dimasukan
- Jika ingin memasukan gambar, klik import picture kemudian klik picture (gambar) yang akan dimasukan kemudian drag ke bawah
- Ulangi beberapa kali sampai menghasilkan picture yang diinginkan
- Jika ingin memasukan tulisan, klik make tittle credits
- Klik add tittle at the beginning of the movie
- Tulis text yang diinginkan
- Klik done, add tittle to movie
- Masukan teks yang diinginkan, lakukan pengaturan huruf dan warna background sesuai dengan yang diinginkan
- Ulangi beberapa kali sampai menghasilkan teks yang diinginkan
2.4 Keunggulan Multimedia
a. Menarik perhatian siswa karena diperkuat dengan teks, suara, gambar, video dan animasi
b. Media alternatif dalam penyampaian pesan
c. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
d. Interaktif
2.5 Kelemahan Multimedia
a. Pesan tidak tersampaikan dengan baik karena design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan
b. Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas atau cacat (disable)
c. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai
Syarat yang harus dipenuhi dalam multimedia
Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam multimedia yang baik adalah :
a) Pengoperasian yang mudah dan familiar
b) Mudah untuk install ke computer yang akan digunakanan
c) Media pembelajaran yang interaktif dan komunikatif
d) Sistem
pembejaran yang mandiri artinya siswa dapat belajar dengan mandiri baik
disekolah maupun dirumah tanpa bimbingan dari guru.
e) Sedapat mungkin dengan biaya yang ringan dan terjangkau.
Karakteristik multimedia pembelajaran adalah:
· Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
· Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
· Bersifat
mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi
sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang
lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi
Adapun fungsi dari multimedia adalah sebagai berikut :
ü Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
ü Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
ü Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
ü Mampu
memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk
respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan
lain-lain.
Keunggulan dan Kelemahan Multimedia
Ø Kelebihan Multimedia Dalam Pendidikan
1. Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
2. Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
3. Mampu
menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau
video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan
pembelajaran.
4. Mampu memvisualisasikan materi yang abstrak.
5. Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
6. Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
7. Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
8. Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.
Ø Kekurangan Multimedia Dalam Pendidikan
1. Biaya relative mahal
2. Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
3. Belum memadainya perhatian dari pemerintah
4. Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu tool dan koneksi link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Di dunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran baik dalam kelas maupun secara sendiri - sendiri.
Secara
umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih
menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi,
kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar
dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat
ditingkatkan.
Keunggulan multimedia adalah sebagai berikut :
a. Menarik perhatian siswa karena diperkuat dengan teks, suara, gambar, video dan animasi
b. Media alternatif dalam penyampaian pesan
c. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
d. Interaktif
Kelemahan multimedia adalah sebagai berikut :
a. Pesan tidak tersampaikan dengan baik karena design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan
b. Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas atau cacat (disable)
c. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai
3.2 Saran
Semoga
dengan terselesaikannya makalah media pembelajaran biologi tentang
multimedia ini pembaca dapat meningkatkan IPTEK sehingga proses
pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar
dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses
belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap
belajar siswa dapat ditingkatkan.
Tags
ARTIKEL