Makalah Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi bagian dari indera penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video dan gambar gerak rekaan atau animasi) dan bagian dari indera pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan bagian dari indera penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi pendeteksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon - feromon bau sebagai pengganti tinta, output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

1.2   Tujuan
Multimedia dimanfaatkan dalam dunia pendidian. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri - sendiri. Kelebihan Multimedia adalah menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Reseach (CTR), menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengar. Tetapi orang dapat mengingat 50% dari yang dilihat dan didengar dan 80% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. Maka multimedia sangat efektif.


BAB II
KAJIAN TEORI
2.1  Pengertian Multimedia
  1. Rosch (1996) Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
  2. Mc Cormick (1996) Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar, dan teks
  3. Turban dkk. (2002) Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara atau musik), animasi, vidio, teks, grafik dan gambar
  4. Robin dan Linda (2001) Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis atau interktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio,dan gambar video
  5. Hosfstetter (2001) Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi

2.2   Manfaat Multimedia dalam Pembelajaran
Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu :
  1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata seperti kuman, bakteri, elektron dll.
  2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah seperti gajah, rumah, gunung, dll.
  3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet mars, berkembangnya bunga dll.
  4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan, bintang, salju, dll.
  5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
  6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

2.3   Langkah - Langkah Pembuatan Multimedia
  1. Nyalakan Komputer
  2. Pilih all program
  3. Klik windows movie maker
  4. Tentukan objek yang akan dimasukan
  5. Jika ingin memasukan gambar, klik import picture kemudian klik picture (gambar) yang akan dimasukan kemudian drag ke bawah
  6. Ulangi beberapa kali sampai menghasilkan picture yang diinginkan
  7. Jika ingin memasukan tulisan, klik make tittle credits
  8. Klik add tittle at the beginning of the movie
  9. Tulis text yang diinginkan
  10. Klik done, add tittle to movie
  11. Masukan teks yang diinginkan, lakukan pengaturan huruf dan warna background sesuai dengan yang diinginkan
  12. Ulangi beberapa kali sampai menghasilkan teks yang diinginkan

2.4  Keunggulan Multimedia
a.      Menarik perhatian siswa karena diperkuat dengan teks, suara, gambar, video dan animasi
b.      Media alternatif dalam penyampaian pesan
c.      Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
d.     Interaktif

2.5  Kelemahan Multimedia
a.      Pesan tidak tersampaikan dengan baik karena design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan
b.      Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas atau cacat (disable)
c.      Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai


 Syarat yang harus dipenuhi dalam multimedia
Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam multimedia yang baik adalah :
a)    Pengoperasian yang mudah dan familiar
b)   Mudah untuk install ke computer yang akan digunakanan
c)    Media pembelajaran yang interaktif dan komunikatif
d)   Sistem pembejaran yang mandiri artinya siswa dapat belajar dengan mandiri baik disekolah maupun dirumah tanpa bimbingan dari guru.
e)    Sedapat mungkin dengan biaya yang ringan dan terjangkau.


Karakteristik multimedia pembelajaran adalah:
·      Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
·      Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
·      Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi


Adapun fungsi dari multimedia adalah sebagai berikut :
ü Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
ü Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
ü Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
ü Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.

Keunggulan dan Kelemahan Multimedia

Ø  Kelebihan Multimedia Dalam Pendidikan
1.    Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
2.    Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
3.    Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
4.    Mampu memvisualisasikan materi yang abstrak.
5.    Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
6.    Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
7.    Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
8.    Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Ø  Kekurangan Multimedia Dalam Pendidikan
1.     Biaya relative mahal
2.     Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
3.     Belum memadainya perhatian dari pemerintah
4.     Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
            Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu tool dan koneksi link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Di dunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran baik dalam kelas maupun secara sendiri - sendiri.
Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
            Keunggulan multimedia adalah sebagai berikut :
a.      Menarik perhatian siswa karena diperkuat dengan teks, suara, gambar, video dan animasi
b.      Media alternatif dalam penyampaian pesan
c.      Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
d.     Interaktif
            Kelemahan multimedia adalah sebagai berikut :
a.       Pesan tidak tersampaikan dengan baik karena design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan
b.      Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas atau cacat (disable)
c.      Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai

3.2  Saran
Semoga dengan terselesaikannya makalah media pembelajaran biologi tentang multimedia ini pembaca dapat meningkatkan IPTEK sehingga proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Lebih baru Lebih lama