LAMPIRAN CONTOH SILABUS IPS TERPADUSMP
YANG BERPOTENSI
DIPADUKAN
|
CONTOH SILABUS DAN
SISTEM PENILAIAN IPS TERPADU
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII
Topik : Kegiatan
Ekonomi Penduduk
MATPEL
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
ALOKASI WAKTU
|
PENILAIAN
|
|||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Instrumen
|
Contoh soal
|
|||||
Geografi
|
Semester 2
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi
penduduk, pengunaan lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik
permukaan bumi.
|
·
Mengidentifikasikan
mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).
·
Mendeskripsikan
bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.
·
Mendeskripsikan
persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan mengungkapkan
alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut.
|
· Mengamati dan mencari informasi tentang kegiatan
ekonomi masyarakat di
lingkungan sekitar siswa
· Mengamati dan mencatat lokasi jalan di lingkungan
sekitar yang menjadi pusat perekonomian
· Mengelompokkan jenis-jenis mata pencaharian penduduk
· Menjelaskan alasan penduduk memilih tempat tinggal dan
potensi ekonominya
· Mencatat jenis2 barang konsumsi dan hasil2 industri
jasa
· Menjelaskan dampak positif dan negatif kehadiran
bangsa2 lain terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia
· Mendiskusikan peran Indonesia dalam perdagangan
internasional
|
4x45
|
Tes dan non tes
|
Tugas
Proyek
Kuis
|
Lisan
Urain
dan Unjuk kerja
§ Jelaskan kegiatan pokok ekonomi penduduk di lingkungan
sekitar
§ Uraikan jenis2 kegiatan ekonomi masyarakat sekitar
|
§ Siswa mencoba berdagang satu jenis barang/makanan
kepada guru, kemudian
§ Mencatat keuntungan yang diperoleh
|
Sosiologi
|
Semester 1
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses
sosial.
|
·
Mengidentifikasi pola-pola keselarasan sosial dalam
keluarga dan masyarakat.
·
Menentukan sikap dalam keragaman hubungan sosial
untuk mewujudkan keselarasan sosial.
|
·
Mencari
contoh-contoh pola-pola hubungan yang mengatur kehidupan ekonomi masyarakat
·
Mendiskusikan
dalam keragaman hubungan sosial untuk mewujudkan keragaman hubungan sosial
·
Membuat
laporan
|
|||||
Ekonomi
|
Semester 2
6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi
yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa.
|
·
Mendeskripsikan
kegiatan konsumsi barang dan jasa.
·
Mendeskripsikan
kegiatan produksi barang dan jasa.
·
Mendeskripsikan
kegiatan distribusi barang dan jasa.
|
||||||
Sejarah
|
Semester 2
5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta
peninggalan-peninggalannya
|
·
Menyusun kronologis
masuk berkembangnya Islam di Indonesia dengan
menggunakan ensiklopedi dan referensi relevan lainnya.
·
Menjelaskan peranan pedagang dan ulama dalam proses
awal perkembangan Islam di Indonesia.
|
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII
Topik : Kelangkaan
Sumber Daya Alam
MATPEL
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
ALOKASI WAKTU
|
PENILAIAN
|
|||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Instrumen
|
Contoh soal
|
|||||
GERORAFI
|
Semester 2
4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan
penduduk
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi
penduduk, penggunaan lahan dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik
permukaan bumi.
|
·
Mengidentifikasi jenis tanah dan pemanfaatannya
·
Menunjukkan kepekaan terhadap permasalahan dalam
pemanfaatan sumber daya
|
· Membaca buku tentang jenis tanah
· Mendiskusikan berbagai masalah pemanfaatan tanah dan
usaha pelestariannya
· Membuat laporan hasil diskusi
|
4 x 45 menit (2 pertemuan)
|
Tes dan non tes
|
Tes harian
Penugasan
Performance
|
Tes PG, Uraian, Unjuk kerja
Panduan diskusi
|
1. Berikan contoh kasus pertanahan di daerahmu?
2. Diskusikan kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang
pertanahan yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini
|
SOSIOLOGI
|
Semester 2
2.1 Mendeskripsikan interkasi sebagai proses
sosial.
2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi
sosial
2.4 Menguraikan proses interaksi sosial
|
·
Menentukan sikap dalam keragaman hubungan sosial untuk
mewujudkan keselarasan sosial.
·
Mengidentifikasi cara pengendalian sosial
|
· Memberi contoh kasus persengketaan tanah warisan dalam keluarga
· Mendiskusikan cara memecahkan masalah persengketaan
tanah dalam keluarga
· Membuat laporan hasil diskusi
|
|||||
EKONOMI
|
Semester 1
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk
sosial dan ekonomi yang bermoral dalam kaitannya dengan usaha memenuhi
kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia.
|
·
Menguraikan proses pemanfaatan sumber daya dalam
memenuhi kebutuhan
·
Menyimpulkan bahwa sumber daya yang langka dapat
digunakan dalam berbagai alternatif
|
· Membaca buku tentang pengertian pasar sumber daya
(tanah).
· Mendiskusikan pelaku-pelaku ekonomi dalam pasar sumber
daya (pemilik tanah, penggarap, pemerintah, dll.)
· Mendiskusikan permasalahan yang muncul dalam pasar
sumber daya dan cara mengatasinya (sengketa, harga, dll).
· Membuat laporan hasil diskusi
|
|||||
SEJARAH
|
Semester 2
5.3 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
|
Mengidentifikasi dan memberikan contoh
kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial serta pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi rakyat di berbagai daerah.
|
· Membaca buku tentang berbagai kebijakan pemerintah
dalam mengatur pertanahan (Undang-Undang Agraria).
· Mendiskusikan dampak kebijakan pemerintah kolonial
dalam masalah pertanahan (perkebunan tebu, kelapa sawit, dll).
· Membuat laporan hasil diskusi
|
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas :
VII
Tema : Pemanfaatan Peta
Alokasi Waktu :
MATP EL
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
PENILAIAN
|
|||
Jenis Tagihan
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||
Geografi
|
1. Memahami usaha manusia untuk mengenali
perkembangan lingkungan
|
Semester 2
4.1 Menggunakan peta, atlas dan globe untuk
mendapatkan informasi keruangan.
|
·
Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta.
·
Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas
dan globe.
·
Mengartikan berbagai skala peta.
·
Memperbesar peta dan atau memperkecil dengan bantuan
garis-garis koordinat.
|
·
Menjelaskan pengertian peta, atlas dan globe
·
Mengidentifikasi syarat, jenis serta penggunaan peta
dan atlas
·
Mendeskripsikan bentuk peta
·
Menyebutkan tingkatan hasil produksi primer
·
Mendeskripsikan daerah-daerah berdasarkan tingkatan
hasil porduksi primer
·
Mendeskripsikan
peta daerah-daerah yang dipengaruhi oleh agama Hindu-Bhuda serta Islam
·
Memberikan contoh kehidupan manusai dalam masyarakat
sosial
|
Tes dan non tes
|
Tulisan dan
unjuk kerja
|
Membuat peta
|
Buatlah peta
daerah yang dipengarhi agama Hindu-Bhuda dan Islam
|
Sosiologi
|
--
|
--
|
--
|
·
|
||||
Ekonomi
|
2. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
|
Semester 2
6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang
meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi barang/jasa.
|
·
Mendeskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa.
·
Mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa.
·
Mendeskripskikan kegitan distribusi barang dan jasa.
|
|||||
Sejarah
|
3. Kemampuan perkembangan masyarakat sejak masa
Hindu-Budha sampai masa kolonial Eropa
|
Semester 1
5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha, serta
peninggalan-peningalannya
5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta
peninggalan-peningalannya
5.3 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa, serta
peninggalan-peningalannya
|
· Membaca peta dan membuat jalur masuk dan berkembangnya
agama dan kebudayaan Hindu-Bhuda ke Indonesia
· Menunjukkan pada peta daerah yang dipengaruhi dan tidak
dipengaruhi unsur Hidu-Bhuda di Indonesia samapai abad ke-14
·
Membaca dan membuat peta jalur penyebaran Islam di
Indonesia
· Membandingkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi
dan tidak dipengaruhi Isalam di Indonesia pada abad ke-16,18 dan 20
|
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
VIII
Topik :
Globalisasi
MATA PELAJARAN
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
ALOKASI WAKTU
|
PENILAIAN
|
|||
Jenis tagihan
|
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh soal
|
|||||
GEOGRAFI
|
Semester 1
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan
penduduk.
|
Mengidentifikasi permasalahan penduduk Indonesia
(kualitas dan kuantitas)dan upaya mengatasinya
|
- Tanya jawab
tentang permasalahan penduduk terutama kualitas dan kuantitas tenaga kerja .
- Tanya jawab
tentang persyaratan tenaga kerja yang
diperlukan perusahaan multinasional di Indonesia
- Melakukan pengamatan tentang kondisi tenaga
kerja (kuantitas/ kualitas) Indonesia saat ini.
- Diskusi tentang masalah yang dihadapi dan
cara mengatasi masalah.
- Membuat laporan hasil diskusi.
|
2x45 menit
|
Tes harian dan non tes berupa hasil tanggapan saat
diskusi, laporan hasil diskusi
|
Laporan tugas pengamatan kuantitas dan kualitas tenaga
kerja.
Performance berupa keterampilan saat diskusi, ketepatan
dalam mengungkapkan masalah ketenaga kerjaan.
|
- Tes Pilihan
ganda, uraian
-Performance
- Proyek
|
Soal uraian :
Ungkapkan permasalahan yang dihadapi tenaga kerja
Indonesia(kuantitas dan kualitas)
Tes penugasan : carilah 3 sumber berita tentang
kualitas tenaga kerja, berikan tanggapan .
|
SOSIOLOGI
|
Semester 2
6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam
kehidupan masyarakat
6.3 Mendeskripsikan upaya pengendalian
penyimpangan sosial
|
·
Mengamati peran pranata sosial
·
Menentukan sikap dalam menghadapi keragaman hubungan
sosial untuk mewujudkan keselarasan sosial.
|
- Kliping surat dari kabar/ majalah/ sumber lain yang
relevan tentang keragaman hubungan sosial
antar negara, misalnya pengiriman tenaga kerja, bantuan (bea siswa)
bagi pelajar, gaya hidup, keberadaan perusahaan asing.
- Mendiskusikan bentuk hubungan sosial
misalnya berupa dukungan/ penolakan
berdasarkan hasil temuan dari kliping diatas serta mengungkap-kan
alasannya.
- Membuat laporan hasil diskusi.
|
2x45 menit
|
Tes harian dan non tes berupa hasil tanggapan saat
diskusi, laporan hasil diskusi.
|
- Penugasan kliping keragaman hubungan sosial
- Penilaian
performance mis.
keterampilan menentukan bentuk hubungan
sosial, ungkapan dalam mewujudkan keselarasan, ketepatan alasan yang
dikemukakan )
- tes harian
|
- Tes Pilihan
ganda, uraian
- Performance
- Proyek
|
Tes uraian
Ungkapkan 5 contoh bentuk hubungan sosial antar negara.
Tes performance :ungkapkan pendapat kalian tentang
pengirimnan TKI ke Malaysia dan berikan alasannya
|
EKONOMI
|
Semester 1
4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan
ekonomi masyarakat.
|
Mengidentifikasi kedudukan pasar dalam kegiatan ekonomi
|
- tanya jawab tentang kedudukan pasar dalam perekonomian
dunia saat ini.
- membuat kliping tentang barang/jasa yang memiliki
keunggulan di pasar dunia
- mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dalam
memasarkan barang/jasa misalnya dari segi pelayanan, kualitas serta
pemecahannya.
- Membuat laporan hasil diskusi.
|
2x45 menit
|
Tes harian dan non tes berupa hasil tanggapan saat
diskusi, laporan hasil diskusi
|
Keterampilan dalam tanyajawab, ketepatan dalam
mengemukakan dan menjawab permasalahan
|
- Tes Pilihan
ganda, uraian
-Performance
- Proyek
|
Soal uraian :
Ungkapkan permasalahan yang dihadapi dalam memasarkan
produk di pasar dunia.
|
SEJARAH
|
Semester 1
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme
dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
di Indonesia.
|
Mengidentifikasi dan memberikan contoh kebijakan –kebijakan
pemerintah kolonial serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi rakyat di
berbagai daerah.
|
- Membaca bahan tentang kebijakan –kebijakan pemerintah
kolonial di Indonesia, misalnya di bidang sosial (pemanfaat tenaga kerja) di
bidang ekonomi (pemanfaatan kekayaan)
- Memberikan contoh macam kebijakan pemerintah yang
menguntungkan dan merugikan rakyat Indonesia
- Mendiskusikan pengaruhnya (positif dan negatif)
terhadap kehidupan ekonomi rakyat Indonesia saat ini.
- Membuat laporan hasil diskusi.
|
2x45 menit
|
Tes harian dan non tes berupa hasil tanggapan saat
diskusi, laporan hasil diskusi,
penugasan
|
- Keterampilan dalam tanyajawab, ketepatan dalam
mengemukakan dan menjawab permasalahan -
ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas.
|
- Tes Pilihan
ganda, uraian
- Performance
- Proyek
|
- Soal uraian
Berikan contoh kebijakan pemerintah
kolonial di bidang ekonomi yang menguntungkan bagi rakyat Indonesia.
|
Tags
ARTIKEL