SILABUS IPS TERPADU KELAS VII



LAMPIRAN CONTOH SILABUS IPS TERPADUSMP
 YANG BERPOTENSI DIPADUKAN

CONTOH SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN IPS TERPADU

Satuan Pendidikan         :                                SMP/MTs
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                            :  VII
Topik                            :                                Kegiatan Ekonomi Penduduk

MATPEL

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

PENGALAMAN BELAJAR
ALOKASI WAKTU
PENILAIAN
Jenis Tagihan
Tehnik
Instrumen
Contoh soal
Geografi





















Semester 2
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, pengunaan lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.










·       Mengidentifikasikan mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).
·       Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.
·       Mendeskripsikan persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut.








·        Mengamati dan mencari informasi tentang kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar siswa
·        Mengamati dan mencatat lokasi jalan di lingkungan sekitar yang menjadi pusat perekonomian
·      Mengelompokkan jenis-jenis mata pencaharian penduduk
·        Menjelaskan alasan penduduk memilih tempat tinggal dan potensi ekonominya
·        Mencatat jenis2 barang konsumsi dan hasil2 industri jasa
·        Menjelaskan dampak positif dan negatif kehadiran bangsa2 lain terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia
·        Mendiskusikan peran Indonesia dalam perdagangan internasional
4x45
Tes dan non tes
Tugas
Proyek
Kuis
Lisan
Urain
dan Unjuk kerja
§  Jelaskan kegiatan pokok ekonomi penduduk di lingkungan sekitar

§  Uraikan jenis2 kegiatan ekonomi masyarakat sekitar

§ Siswa mencoba berdagang satu jenis barang/makanan kepada guru, kemudian
§ Mencatat keuntungan yang diperoleh


Sosiologi
Semester 1
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial.

·       Mengidentifikasi pola-pola keselarasan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
·       Menentukan sikap dalam keragaman hubungan sosial untuk mewujudkan keselarasan sosial.

·       Mencari contoh-contoh pola-pola hubungan yang mengatur kehidupan ekonomi masyarakat
·       Mendiskusikan dalam keragaman hubungan sosial untuk mewujudkan keragaman hubungan sosial
·       Membuat laporan





Ekonomi
Semester 2
6.2    Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa.

·      Mendeskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa.
·      Mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa.
·      Mendeskripsikan kegiatan distribusi barang dan jasa.






Sejarah
Semester 2
5.2  Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya
·      Menyusun kronologis masuk berkembangnya Islam di Indonesia dengan menggunakan ensiklopedi dan referensi relevan lainnya.
·      Menjelaskan peranan pedagang dan ulama dalam proses awal perkembangan Islam di Indonesia.








Satuan Pendidikan      :    SMP/MTs
Mata Pelajaran                      :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                                     :  VII
Topik                                     :                                         Kelangkaan Sumber Daya Alam

MATPEL
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
ALOKASI WAKTU
PENILAIAN
Jenis Tagihan
Tehnik
Instrumen
Contoh soal

GERORAFI
Semester 2
4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk

6.1  Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.

·      Mengidentifikasi jenis tanah dan pemanfaatannya
·      Menunjukkan kepekaan terhadap permasalahan dalam pemanfaatan sumber daya

·       Membaca buku tentang jenis tanah
·       Mendiskusikan berbagai masalah pemanfaatan tanah dan usaha pelestariannya
·       Membuat laporan hasil diskusi
4 x 45 menit (2 pertemuan)
Tes dan non tes
Tes harian
Penugasan
Performance
Tes PG, Uraian, Unjuk kerja
Panduan diskusi
1.  Berikan contoh kasus pertanahan di daerahmu?
2.  Diskusikan kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang pertanahan yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini

SOSIOLOGI
Semester 2
2.1 Mendeskripsikan interkasi sebagai proses sosial.

2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

2.4 Menguraikan proses interaksi sosial

·       Menentukan sikap dalam keragaman hubungan sosial untuk mewujudkan keselarasan sosial.
·       Mengidentifikasi cara pengendalian sosial

·       Memberi contoh kasus persengketaan tanah warisan dalam keluarga
·       Mendiskusikan cara memecahkan masalah persengketaan tanah dalam keluarga
·       Membuat laporan hasil diskusi




EKONOMI
Semester 1
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam kaitannya dengan usaha memenuhi kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia.
·       Menguraikan proses pemanfaatan sumber daya dalam memenuhi kebutuhan
·       Menyimpulkan bahwa sumber daya yang langka dapat digunakan dalam berbagai alternatif
·       Membaca buku tentang pengertian pasar sumber daya (tanah).
·       Mendiskusikan pelaku-pelaku ekonomi dalam pasar sumber daya (pemilik tanah, penggarap, pemerintah, dll.)
·       Mendiskusikan permasalahan yang muncul dalam pasar sumber daya dan cara mengatasinya (sengketa, harga, dll).
·       Membuat laporan hasil diskusi





SEJARAH
Semester 2
5.3  Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
Mengidentifikasi dan memberikan contoh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi rakyat di berbagai daerah.
·       Membaca buku tentang berbagai kebijakan pemerintah dalam mengatur pertanahan (Undang-Undang Agraria).
·       Mendiskusikan dampak kebijakan pemerintah kolonial dalam masalah pertanahan (perkebunan tebu, kelapa sawit, dll).
·       Membuat laporan hasil diskusi









Satuan Pendidikan         :                                SMP/MTs
Mata Pelajaran             :                                Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                            :                                VII
Tema                            :                                Pemanfaatan Peta
Alokasi Waktu               :                               

MATP EL
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
PENILAIAN
Jenis Tagihan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Geografi

1. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungan
Semester 2
4.1  Menggunakan peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
·      Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta.
·      Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.
·      Mengartikan berbagai skala peta.
·      Memperbesar peta dan atau memperkecil dengan bantuan garis-garis koordinat.
·      Menjelaskan pengertian peta, atlas dan globe
·      Mengidentifikasi syarat, jenis serta penggunaan peta dan atlas
·      Mendeskripsikan bentuk peta
·      Menyebutkan tingkatan hasil produksi primer
·      Mendeskripsikan daerah-daerah berdasarkan tingkatan hasil porduksi primer
·      Mendeskripsikan  peta daerah-daerah yang dipengaruhi oleh agama Hindu-Bhuda serta Islam
·      Memberikan contoh kehidupan manusai dalam masyarakat sosial
Tes dan non tes
Tulisan dan unjuk kerja
Membuat peta
Buatlah peta daerah yang dipengarhi agama Hindu-Bhuda dan Islam
Sosiologi
--
--
--
·       




Ekonomi
2. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Semester 2
6.2  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi barang/jasa.
·      Mendeskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa.
·      Mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa.
·      Mendeskripskikan kegitan distribusi barang dan jasa.





Sejarah
3. Kemampuan perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa kolonial Eropa
Semester 1
5.1  Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha, serta peninggalan-peningalannya

5.2  Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peningalannya

5.3  Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa, serta peninggalan-peningalannya
·      Membaca peta dan membuat jalur masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Bhuda ke Indonesia
·      Menunjukkan pada peta daerah yang dipengaruhi dan tidak dipengaruhi unsur Hidu-Bhuda di Indonesia samapai abad ke-14
·      Membaca dan membuat peta jalur penyebaran Islam di Indonesia
·      Membandingkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi dan tidak dipengaruhi Isalam di Indonesia pada abad ke-16,18 dan 20





Satuan  Pendidikan   : SMP/MTs
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                          : VIII
Topik                         : Globalisasi

MATA PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
ALOKASI WAKTU
PENILAIAN
Jenis tagihan
Teknik
Instrumen
Contoh soal
GEOGRAFI
Semester 1
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk.
Mengidentifikasi permasalahan penduduk Indonesia (kualitas dan kuantitas)dan upaya mengatasinya
- Tanya jawab tentang permasalahan penduduk terutama kualitas dan kuantitas tenaga kerja .
- Tanya jawab tentang persyaratan  tenaga kerja yang diperlukan perusahaan multinasional di Indonesia
-  Melakukan pengamatan tentang kondisi tenaga kerja (kuantitas/ kualitas) Indonesia saat ini.
-  Diskusi tentang masalah yang dihadapi dan cara mengatasi masalah.
-  Membuat laporan hasil diskusi.
2x45 menit
Tes harian dan non tes berupa hasil tanggapan saat diskusi, laporan hasil diskusi
Laporan tugas pengamatan kuantitas dan kualitas tenaga kerja.
Performance berupa keterampilan saat diskusi, ketepatan dalam mengungkapkan masalah ketenaga kerjaan.
- Tes Pilihan ganda, uraian
-Performance
- Proyek
Soal uraian :
Ungkapkan permasalahan yang dihadapi tenaga kerja Indonesia(kuantitas dan kualitas)
Tes penugasan : carilah 3 sumber berita tentang kualitas tenaga kerja, berikan tanggapan .
SOSIOLOGI
Semester 2
6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial

6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

6.3 Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial
·      Mengamati peran pranata sosial
·      Menentukan sikap dalam menghadapi keragaman hubungan sosial untuk mewujudkan keselarasan sosial.
-     Kliping surat dari kabar/ majalah/ sumber lain yang relevan tentang keragaman hubungan sosial  antar negara, misalnya pengiriman tenaga kerja, bantuan (bea siswa) bagi pelajar, gaya hidup, keberadaan perusahaan asing.
-  Mendiskusikan bentuk hubungan sosial misalnya berupa dukungan/ penolakan  berdasarkan hasil temuan dari kliping diatas serta mengungkap-kan alasannya.
-  Membuat laporan hasil diskusi.


2x45 menit
Tes harian dan non tes berupa hasil tanggapan saat diskusi, laporan hasil diskusi.
- Penugasan  kliping keragaman hubungan sosial
- Penilaian performance mis. 
  keterampilan menentukan bentuk hubungan sosial, ungkapan dalam mewujudkan keselarasan, ketepatan alasan yang dikemukakan )
-   tes harian
- Tes Pilihan ganda, uraian
- Performance
- Proyek
Tes uraian
Ungkapkan 5 contoh bentuk hubungan sosial antar negara.
Tes performance :ungkapkan pendapat kalian tentang pengirimnan TKI ke Malaysia dan berikan alasannya
EKONOMI
Semester 1
4.3  Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
Mengidentifikasi kedudukan pasar dalam kegiatan ekonomi
-     tanya jawab tentang kedudukan pasar dalam perekonomian dunia saat ini.
-    membuat kliping tentang barang/jasa yang memiliki keunggulan di pasar dunia
-    mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dalam memasarkan barang/jasa misalnya dari segi pelayanan, kualitas serta pemecahannya.
-     Membuat laporan hasil diskusi.
2x45 menit
Tes harian dan non tes berupa hasil tanggapan saat diskusi, laporan hasil diskusi
Keterampilan dalam tanyajawab, ketepatan dalam mengemukakan dan menjawab permasalahan
- Tes Pilihan ganda, uraian
-Performance
- Proyek
Soal uraian :
Ungkapkan permasalahan yang dihadapi dalam memasarkan produk di pasar dunia.
SEJARAH
Semester 1
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah di Indonesia.
Mengidentifikasi dan memberikan contoh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi rakyat di berbagai daerah.
-    Membaca bahan tentang kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia, misalnya di bidang sosial (pemanfaat tenaga kerja) di bidang ekonomi (pemanfaatan kekayaan)
-    Memberikan contoh macam kebijakan pemerintah yang menguntungkan dan merugikan rakyat Indonesia
-    Mendiskusikan pengaruhnya (positif dan negatif) terhadap kehidupan ekonomi rakyat Indonesia saat ini.
-    Membuat laporan hasil diskusi.
2x45 menit
Tes harian dan non tes berupa hasil tanggapan saat diskusi, laporan hasil diskusi,
penugasan
- Keterampilan dalam tanyajawab, ketepatan dalam mengemukakan dan menjawab permasalahan -  ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas.

- Tes Pilihan ganda, uraian
- Performance
- Proyek
- Soal uraian
  Berikan contoh kebijakan pemerintah kolonial di bidang ekonomi yang menguntungkan bagi rakyat Indonesia.

Lebih baru Lebih lama