Bagi rekan guru yang memerlukan PROTA IPS Terpadu kelas 7
semester 1 dan 2 langsung copy disini tanpa download, semoga bermanfaat.
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN
20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : VII / 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
1. Memahami
lingkungan kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk
muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
|
Bentuk-bentuk muka bumi.
Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen
Gejala diastropisme dan vulkanisme
Gempabumi
Pelapukan
Erosi
Sedimentasi.
Dampak positif dan negatif dari
tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.
|
|||
1.2.Mendeskripsikan
kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
|
Pengertian dan kurun waktu
pra-aksara
Jenis-jenis manusia Indonesia yang
hidup pada masa pra –aksara
Perkembangan kehidupan pada
masa pra-aksara.
Peninggalan –peninggalan
kebudayaan.
Kedatangan nenek moyang dari Yunan
tersebar di Nusantara.
|
||||
2. Memahami kehidupan sosial manusia
|
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai
proses sosial
|
Penegertian interaksi sosial.
Kaitan interaksi sosial dengan
proses sosial.
Pengaruh interaksi sosial terhadap
keselarasan sosial.
|
|||
2.2 Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan
kepribadian
|
Pengertian sosialisasi
Faktor yang mempengaruhi
sosialisasi.
Fungsi sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian.
|
||||
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
Syarat-syarat terjadinya interaksi
sosial.
Bentuk-bentuk interaksi sosial
(antar individu dengan individu,
antar individu dengan kelompok,
dan
antar kelompok dengan kelompok)
|
||||
2.4 Mengurai-kan
proses interaksi sosial
|
Proses sosial asosiatif
Proses sosial disosiatif.
|
||||
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
|
3.1.Mendes-krepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral dalam memenui kebutuh-an
|
Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.
Ciri-ciri manusia sebagai makhluk
sosial dan makhluk ekonomi.
Menerapkan / Mengaplikasikan
hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral.
|
|||
3.2.Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
Tindakan
Ekonomi manusia dalam
memanfaatkan sumberdaya ekonomi
Tindakan ekonomi yang rasional
Pengertian motif dan prinsip ekonomi
Macam-macam motif dan prinsip
ekonomi.
Penerapan/Aplikasi kegiatan /
tindakan ekonomi sehari-hari berdasar
motif dan prinsip ekonomi.
Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||||
Ulangan harian
|
|||||
Ulangan tengah semester
|
|||||
Ulangan akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ..........................
(
……………………….…………. )
NIP/NIK
: ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru
Mapel IPS.
(
……………………………………. )
NIP/NIK
: ……………………………..
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN
20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : VII / 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan
lingkungannya.
|
4.1.Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk
mendapat-kan informasi keruangan
|
Pengertian peta, atlas, dan globe.
Jenis peta dan bentuk peta.
Penggunaan indeks, daftar isi,
garis lintang dan bujur, serta keterangan tepi pada peta, atlas, dan globe
untuk mencari informasi geografis pada peta.
Skala peta.
Memperbesar dan memper-kecil peta.
|
|||
4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan
obyek geografi
|
Sketsa wilayah dan obyek geografi.
Simbol-simbol geografi pada peta.
|
||||
4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
|
Deskripsi kondisi geografis suatu
wilayah pada peta.
Deskripsi kondisi peduduk suatu
wilayah.
Kaitan antara kondisi geografis
dengan keadaan penduduk.
|
||||
4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer
dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
|
Sifat fisik atmosfer.
Unsur-unsur cuaca dan iklim.
Tipe-tipe hujan.
Faktor yang mempengaruhi suhu
udara.
Proses terjadinya angin dan
jenis-jenis angin.
Siklus
hidrologi.
Jenis-jenis air permukaan dan air
tanah.
Zona laut menurut letak dan
keda-lamannya.
Batas
wilayah laut.
|
||||
5. Memahaami
perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
|
5.1 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat,
kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta
peninggalan-pening-galannya.
|
Peranan perdagangan bagi masuk dan berkembangnya agama
Hindu dan Buddha ke Indonesia
Peta daerah yang di pengaruhi
unsur Hindu dan Buddha
Perkembangan kerajaan Hindu Buddha
(Kutai, Taruma Negara, Mata-ram kuno, Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan
Majapahit).
Peninggalan –peninggalan sejarah Kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha
|
|||
5.2 Mendeskripsikan perkem-bangan
masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia,
serta pening-galan-pening-galannya.
|
Proses masuk dan berkembangnya agama Islam melalui
aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina.
Saluran-saluran Islamisasi di
Indonesia
Cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam
menyebarkan Islam.
Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di
Inndonesia
Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah
Indonesia
Contoh peninggalan –peninggalan
sejarah bercorak Islam di berbagai daerah
|
||||
5.3 Mendeskripsikan perkem-bangan
masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
|
Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa
ke Indonesia
Cara-cara yang digunakan bangsa
Eropa untuk mencapai tujuannya
Reaksi Bangsa Indonesia terhadap
bangsa Eropa; perlawanan terhadap
Portugis, Spanyol
dan VOC
Mendeskripsikanperkembangan
masyarakat,kebudayaan dan
pemerintahan pada masa
kolonial Eropa
|
||||
6. memahami kegiatan ekonomi masyarakat
|
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi
penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik
permukaan bumi.
|
Penggunaan
lahan :
Macam-macam
mata pencaharian penduduk.
Kaitan bentuk
muka bumi dengan penggunaan lahan.
Bentuk
penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.
Pola
permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai).
Kaitan
bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.
|
|||
6.2.Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan konsumsi, produksi, dan distribusi barang
/jasa
|
Kegiatan
Pokok
ekonomi.
Pengertian
konsumsi
Jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga
Skala
prioritas dalam memenuhi kebutuhan
Aspek- aspek
positif dan negatif perilaku konsumtif
seseorang.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi konsumsi seseorang
Pengertian
produksi
Faktor-faktor yang mempengaruhi
produksi
Macam-macam kegiatan produksi
Pengertian sumber daya ekonomi
Macam-macam sumber daya ekonomi
Etika ekonomi dalam memanfaatkan fak tor-faktor produksi dalam
kehidupan
satu uaha/bisnis
Usaha-usaha untuk mening-katkan
jumlah dan mutu hasil produksi (bidang
Pengertian
dan tujuan distribusi
Sistem
distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)
Penerapan kegiatan distribusi dalam
perdagangan
Etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi
unsur keadilan dan pemerataan.
|
||||
6.3.
Mendes-kripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat
berlang-
sungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
|
Pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha.
Macam- macam
badan usaha. (menurut pemilik modal,
lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum)
Tujuan
badan usaha(milik negara/daerah,
milik swasta, koperasi)
Pertimbangan yang perlu
diperhatikan dalam berbisnis
Kriteria badan usaha yang
dikelola secara profesional dan
manusiawi.
Peranan pemerintah sebagai pelaku dan
pengatur kegiatan ekonomi
Penerapan usaha berbinis dalam
kehidupan sehari-hari
|
||||
6.4.
Menggu-nakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai
kemandirian dan kesejahteraan
|
Kreativitas dalam tindakan ekonomi.
Pentingnya
inovasi dan syarat-syarat inovasi dalam kehidupan sehari-hari.
Proses
kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraa
Melakukan gagasan dan berlaku
kreatif,
Inovatif dan kemandirian dalam
kehidupan ekonomi
Praktik kreatifitas dan inovasi untuk
kemandirian
|
||||
Ulangan harian
|
|||||
Ulangan tengah semester
|
|||||
Ulangan akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ..........................
(
……………………….…………. )
NIP/NIK
: ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru
Mapel IPS.
(
……………………………………. )
NIP/NIK
: ……………………………..
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN
20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas / Semester : VIII / 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
pertumbuhan jumlah penduduk
|
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah
dan penduduk
|
Letak
geografis Indonesia (letak geografis dan letak astronomis).
Kaitan letak
geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.
Musim di
Indonesia.
Persebaran
flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
Persebaran
jenis tanah di Indonesia.
Pemanfatan
berbagai jenis tanah di Indonesia.
|
|||
1.2 Mengidentifikasi permasalahan
kependudukan dan upaya penanggulangannya
|
-
Pertumbuhan penduduk.
-
Angka kelahiran dan angka kematian.
-
Ledakan penduduk dan upaya
mengatasinya.
-
Kepadatan penduduk.
-
Komposisi penduduk menurut umur dan
jenis kelamin.
-
-
Mobilitas penduduk
Kualitas penduduk
|
||||
1.3 Mendeskripsikan permasalahan
lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
|
-
Unsur-unsur
lingkungan abiotik, biotik, dan sosial budaya.
-
Arti penting lingkungan bagi
kehidupan.
-
Bentuk kerusakan lingkungan hidup dan
faktor penyebabnya.
-
Usaha
pelestarian lingkungan hidup
-
Hakekat
pembangunan berkelanjutan.
-
Ciri-ciri
pembangunan berkelanjutan.
-
Penerapan
pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar.
|
||||
1.4 Mendeskripsikan permasalahan
kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan.
|
Permasalahan
penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas).
Dampak dari
permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
|
||||
2 Memahami proses kebangkitan nasional
|
2.1 Menjelaskan proses perkembangan
kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di
berbagai daerah
|
Kebijakan-kebijakan pemerintah,
kolonial
Pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan
pemerintah kolonial di berbagai daerah
Bentuk –bentuk perlawanan rakyat
dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah
Daerah-daerah persebaran agama
Nasrani
|
|||
2.2.Mengurai-kan
proses terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan
perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia
|
Perkembangan pendidikan Barat dan
perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
Peranan golongan terpelajar
,profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional
Indonesia
Perkembangan pergerakan nasional
dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya
nasinalisme Indonesia.
Peran manifesto politik 1925
,Konggres Pemuda 1928 dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan
identitas kebangsaan Indonesia
|
||||
3. Memahami masalah penyimpangan sosial
|
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit
sosial (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
Pengertian
penyimpangan sosial.
Bentuk-bentuk
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Contoh
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
|
|||
3.2 Mengidentifikasi berbagai usaha
pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
Akibat
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial
dalam keluarga dan masyarakat
Upaya-upaya
pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
|
||||
4. Memahami
kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
|
4.1. Mendeskripsi
kan hubungan antara kelangkaan
sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
Kelangkaan
sumber daya ekonomi
Usaha-usaha
manusia dalam mengatasi kelangkan
Memanfaatkan
sumber daya yang langka untuk me menuhi kebutuhan
Kebutuhan
manusia yang tidak terbatas
Faktor-faktor
penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam
Menentukan
skala
prioritas dari berbagai jenis kebutuhan
Penger
tian
dan macam-
macam alat pemenuhan kebutuhan
|
|||
4.2.Mendeskripsi-kan
pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
|
Pelaku
Ekonomi
Peranan
dan tujuan tiga sektor usaha formal
Penerapan
cara mendirikan dan mengelola BUMS
Pokok-pokok
perkoperasian Indonesia
Pendirian koperasi
Tatacara
mendirikan
koperasi
|
||||
4.3.Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
|
Pengertian,
fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.
Syarat-syarat
terjadinya pasar
Macam-macam
pasar dan contoh-contohnya
Perbedaan pasar konkrit dan pasar abstrak
Demonstrasi/si
mulasi jual beli di pasar
|
||||
Ulangan harian
|
|||||
Ulangan tengah semester
|
|||||
Ulangan akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ..........................
(
……………………….…………. )
NIP/NIK
: ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru
Mapel IPS.
(
……………………………………. )
NIP/NIK
: ……………………………..
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN
20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas / Semester : VIII / 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan
|
5.1.Mendeskripsikan
peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara
kesatuan Republik Indonesia
|
Perbedaan perspektif antar kelompok
sekitar proklamassi kemerdekaan Indonesia
Kronologi proklamasi kemerdekaan
Indonesia
Penyebaran berita
proklamasi kemerdekaan melalui berita
radio,panflet,selebaran
Proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan
sidang PPKI
Dukungan dari berbagai daerah berupa
dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah
|
|||
5.2.Menjelaskan
Proses persiapan kemerdekaan Indonesia.
|
Alasan Jepang membentuk BPUPKI
Penyusunan dasar dan konstitusi untuk
negara yang akan didirikan
Peranan PPKI dalam proses persiapan
kemerdekaan Indonesia
|
||||
6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
|
6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk
hubungan sosial
|
Bentuk-bentuk hubungan sosial.
Faktor-faktor pendorong terjadinya
hubungan sosial.
Dampak-dampak hubungan sosial.
|
|||
6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam
kehidupan masyarakat
|
Pengertian pranata sosial.
Fungsi pranata sosial
Jenis-jenis pranata sosial.
|
||||
6.3 Mendeskripsikan pengendalian
penyimpangan sosial
|
Jenis pengendalian penyimpangan
sosial (preventif dan represif).
Peran lembaga-lembaga pengendalian
sosial
|
||||
7. Memahami
Kegiatan perekonomian Indonesia
|
7.1.
Mendes-kripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber
daya dalam kegiatan ekonomi, serta
peranan pemerintah dalam upaya penainggulangannya
|
Pengertian tenaga kerja, angkatan
kerja dan kesempa
tan kerja
Hubungan antara jumlah penduduk,
angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran.
Permasalahan tenaga kerja Indonesia.
Dampak pengangguran terhadap keamanan
lingkungan.
Peningkatan mutu tenaga kerja
Peranan pemerintah dalam mengatasi
masalah tenaga kerja di Indonesia
|
|||
7.2.
Men-deskripsi-kan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
|
- Sistem
perekonomian
Indonesia
-Pelaku-pelaku
kegiatan per-
ekonomi di Indonesia
Ciri-ciri utama perekonomi-an
Indonesia .
Kebaikan dan kelemahan sistem
perekonomian Indonesia.
|
||||
7.3.
Mendes-kripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional
|
Pengertian pajak dan retribusi.
Sifat dan penetapan tarip Pajak
Perbedaan pajak langsung dengan pajak tidak langsung
Perbedaan pajak pusat
dengan pajak daerah
Fungsi dan
peranan pajak dalam kehi
dupan suatu negara.
Jenis-jenis pajak yang ditanggung
oleh keluarga.
Sanksi-
sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya
Penerapan
membayar pajak
|
||||
7.4.Mendeskripsikan
permintaan dan penawaran serta terben-tuknya harga pasar
|
Pengertian permintaan dan
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang/jasa.
Hukum Permintaan
Kurve permintaan
Ceteris Paribus
Penerapan Hk. Permintaan
Pengertian
penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang / jasa.
Hukum Penawaran
Kurve
penawaran
Ceteris Paribus
Penerapan Hk. Penawaran
Pengertian harga
Macam-macam
harga (termasuk harga yang ditetapkan pemerintah).
Hubungan antara permintaan dengan
penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurve harga keseimbangan
|
||||
Ulangan harian
|
|||||
Ulangan tengah semester
|
|||||
Ulangan akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ..........................
(
……………………….…………. )
NIP/NIK
: ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru
Mapel IPS.
(
……………………………………. )
NIP/NIK
: ……………………………..
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN
20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : IX / 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
|
1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
|
Ciri-ciri negara berkembang dan
negara maju.
Persebaran negara-negara berkembang
dan negara-negara maju di dunia.
Negara-negara yang digolongkan
sebagai negara berkembang dan negara maju.
|
|||
1.2
Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta
pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
|
Latar belakang ,fihak-fihak yang
berperang
Dalam Perang Dunia II
Perang Dunia II di Asia dan Pasifik
serta pendudukan militer Jepang di Indonesia
Pengaruh kebijakan pemerintah
pendudukan Jepang
Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan
pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan
Bersenjata
|
||||
2, Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
|
2.1.Mengidentifikasi
usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
Faktor –faktor yang menyebabkan
terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin
berkuasa kembali di Indonesia
Peran dunia internasional dalam
konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik
Pengaruh konflik Indonesia –Belanda
terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
Aktifitas diplomasi Indonesia di
dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan
Perjuangan rakyat dan pemerintah
diberbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Faktor-faktor yang memaksa Belanda
keluar dari Indonesia
|
|||
2.2.Mendeskripsikan
peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
Proses kembalinya Republik Indonesia
sebagai negara kesatuan
Berbagai peristiwa yang berhubungan
dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan derah
Dekrit Presiden 5 Juli 1955 dan
pengaruh yang ditimbulkannya
Dampak persoalan hubungan pusat
–daerah persaingan ideologis ,dan pergolakan sosial –politik lainnya terhadap
kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960 an
|
||||
3. Memahami perubahan sosial budaya.
|
3.1 Mendeskripsikan perubahan
sosial-budaya pada masyarakat.
|
Bentuk-bentuk perubahan sosial
budaya.
- Perubahan secara cepat (revolusi).
- Perubahan secara lambat (evolusi).
Faktor-faktor pendorong perubahan sosial masyarakat.
· Faktor-faktor penghambat perubahan
sosial budaya.
Faktor-faktor
penyebab perubahan sosial.
- Faktor –faktor internal.
- Faktor-faktor eksternal.
|
|||
3.2 Menguraikan tipe-tipe perilaku
masyarakat dalam menyikapi perubahan
|
Tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan
Contoh perilaku masyarakat sebagai
akibat adanya perubahan sosial budaya.
|
||||
4. Memahami
Lembaga Keuangan dan Perdagangan
|
4.1.Mendeskripsi-kan uangdan lembaga keuangan
|
Sejarah terjadinya uang dan
pengertian uang
Ssyarat-syarat suatu benda dapat
dijadikan uang
Fungsi uang (fungsi asli dan fungsi
turunan)
Jenis-jenis uang
( uang kartal dan uang giral )
Nilai mata uang (nilai
intrinsik, nilai nominal,
nilai internal dan nilai eksternal )
Mata uang asing
Kurs mata uang
Praktek jual/beli valuta asing
Pengertian bank dan sejarah
terjadinya bank
Azas, prinsip, fungsi dan tujuan
perbankan di Indonesia
Jenis-jenis
bank dan tugas pokok .
Produk-produk
bank
Praktek menabung di bank
Pengertian lembaga keuangan bukan
bank
Fungsi, peranan dan manfaat lembaga
keuangan bukan bank
Contoh lembaga keuangan bukan bank
Produk-produk asuransi atau pegadaian
|
|||
4.2.Mendes-kripsikan
perdaga
ngan internasio-nal dan dampaknya
terhadap perekonomian Indonesia
|
Pengertian perdagangan dan
faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional.
Manfaat perdagangan internasional
Hambatan perdagangan internasional.
Perbedaan perdagangan dalam negeri
dengan perdagangan internasional
Komoditi ekspor/impor Indonesia.
Pengertian dan fungsi dan jenis-jenis
devisa , serta mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa.
Dampak perdagangan internasional
terhadap perkembangan perekonomian Indonesia
|
||||
Ulangan harian
|
|||||
Ulangan tengah semester
|
|||||
Ulangan akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ..........................
(
……………………….…………. )
NIP/NIK
: ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru
Mapel IPS.
(
……………………………………. )
NIP/NIK
: ……………………………..
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN
20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : IX / 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
5. Memahami hubungan manusia dengan bumi,
|
5.1Menginterpretasi peta tentang pola
dan bentuk-bentuk muka bumi.
|
Peta tentang pola dan bentuk-bentuk
muka bumi.
Diagram Bentuk muka bumi daratan dan
dasar laut.
Pola dan bentuk obyek geografis
sesuai dengan bentang alamnya.
|
|||
5.2Mendeskrip sikan keterkaitan
unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara.
|
Unsur-unsur fisik dan sosial kawasan Asia Tenggara:
Letak geografis kawasan Asia Tenggara.
Bentang alam kawasan Asia Tenggara.
Iklim kawasan Asia Tenggara.
Sumber daya alam di kawasan Asia
Tenggara.
Penduduk di kawasan Asia Tenggara.
Kegiatan ekonomi penduduk di kawasan
Asia Tenggara.
Kerjasama Indonesia dengan
negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
|
||||
5.3Mendeskrip-sikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera.
|
· Benua dan Samudera :
Proses pembentukan benua-benua.
Posisi benua-benua dan samudera.
Karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua.
Contoh negara-negara di masing-masing kawasan benua.
Karakteristik masing-masing samudera.
|
||||
6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia
|
6.1.Mendekrip-sikan
perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat
|
Latar belakang terjadinya
perjuangan mengembalikan Irian Barat
Perjuangan diplomasi;pendekatan diplomasi
Perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomi
Tri komando Rakyat
Persetujuan New York
Arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)
|
|||
6.2 Mendeskripsikan strategi nasional
peristiwa Madiun / PKI, DI / TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal
lainnya
|
Peristiwa Madiun/PKI dan cara yang dilakukan pemerintah dalam
penaggulangannya.
Peristiwa DI/ TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam
penaggulangannya
Keadaan politik, ekonomi ,sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa
G 30 s/PKI
Peristiwa G 30 S/ PKI dan cara penanggulangannya
|
||||
7. Memahami
perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
|
7.1 Menjelaskan berakhirnya masa Orde
Baru dan lahirnya Reformasi
|
Peristiwa- peristiwa politik
penting pada masa Orde Baru
Data statistik ekonomi Orde Baru
Berakhirnya orde Baru;krisis ekonomi dan gerakan Reformasi
|
|||
7.2 Mengurai-kan perkem-bangan lembaga
internasi-onal dan peran Indonesia dalam kerjasama interna-sional
|
Konferensi Asia Afrika dan peran
Indonesia
Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia
Perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan
peran Indonesia
Gerakan Non Blok dan peran Indonesia
|
||||
7.3 Mengurai-kan perilaku masyarakat
dalam perubahan sosial-budaya di era global.
|
Ciri-ciri globalisasi.
Dampak globalisasi terhadap
masyarakat
Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global.
|
||||
7.4.Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
|
Pengertian kerjasama ekonomi
antarnegara.
Faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara
Tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional.
Bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.
Badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun
multilateral yang penting bagi
Indonesia.
|
||||
Ulangan harian
|
|||||
Ulangan tengah semester
|
|||||
Ulangan akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ..........................
(
……………………….…………. )
NIP/NIK
: ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru
Mapel IPS.
(
……………………………………. )
NIP/NIK
: ……………
|