RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
STANDAR
KOMPETENSI
2. Memahami kehidupan sosial manusia.
3. Memahami
usaha manusia memenuhi kebutuhan.
B.
KOMPETENSI
DASAR
2.1.Mendeskripsikan interaksi sebagai
proses sosial
2.2. Mendeskripsikan sosialisasi
sebagai proses pembentukan kepribadian
2.3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk
interaksi sosial
3.2. Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
C.
INDIKATOR
Kognitif :
1. Mendeskripsikan pengaruh proses Interaksi
sosial terhadap pembentukan
motif ekonomi.
2. Mendeskripsikan tindakan ekonomi merupakan suatu bentuk interaksi sosial.
3. Mengidentifikasi pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses
pembentukan kepribadian.
Afektif :
1. Mengembangkan sikap religius.
2. Mengembangkan rasa ingin tahu.
3. Mengembangkan sikap
demokratis.
4. Mengembangkan sikap kerja sama.
5. Mengembangkan sikap komunikatif.
Psikomotor
:
1. Membuat laporan hasil diskusi kelompok.
2. Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
melalui presentasi.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif :
1. Melalui penjelasan guru siswa mampu mendeskripsikan pengaruh proses Interaksi sosial terhadap pembentukan motif
ekonomi.
2. Melalui diskusi kelompok, siswa mampu
mendeskripsikan Tindakan
ekonomi sebagai suatu bentuk interaksi
sosial.
3. Melalui diskusi kelompok dan presentasi,
siswa mampu mengidentifikasi pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.
Afektif :
1. Melalui kegiatan
memperhatikan pejelasan guru, siswa mampu mengembangkan rasa ingin tahu
2. Melalui diskusi
kelompok, siswa mampu mengembangkan sikap kerja sama dan demokratis.
3. Melaluli kegiatan
presentasi, siswa siswa mampu mengembangkan sikap keberanian
Psikomotor:
1.
Melalui diskusi dan kerjasama kelompok, siswa mampu menyusun laporan hasil
diskusi.
2.
Melalui presentasi,
siswa mampu mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok melalui presentasi
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Interaksi sosial sebagai proses sosial
- Sosialisasi sebagai proses pembentukankepribadian
- Bentuk-bentuk interaksi sosial
- Tindakan dan motif ekonomi
- Prinsip ekonomi
F.
MODEL
/ METODE PEMBELAJARAN
Kooperatif Tipe Examples non Examples
G.
SKENARIO
/ LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø
Pertemuan I
TAHAP
KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
KARAKTER
|
- Kegiatan awal / pendahuluan (5 menit)
- Kegiatan inti (60 menit)
- Kegiatan akhir / penutup (15 menit)
|
-
Memeriksa
kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas
-
Memulai
pelajaran dengan bersama-sama membaca basmalah, bagi siswa non muslim berdoa
menurut agama masing-masing.
-
Memotivasi peserta didik untuk ulet dan
bekerja keras secara kreatif untuk mencapai sukses.
-
Dilanjutkan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan tentang interaksi sosial dan motif ekonomi.
- Guru
mempersiapkan gambar-gambar tentang
Interaksi sosial dan motif ekonomi.
- Guru menunjukkan gambar yang ditayangkan
melalui LCD.
- Guru memberi
petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa
gambar.
- Guru membentuk kelompok dengan anggota masing-masing 4
siswa.
- Guru membagikan LKS berisi gambar /foto kepada tiap
kelompok untuk dianalisa.
- Melalui
diskusi kelompok 4 orang siswa, hasil diskusi dari
analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
sebagai laporan hasil diskusi
kelompok.
- Tiap kelompok
diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
- Mulai dari
komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi pengaruh proses Interaksi sosial terhadap pembentukan motif
ekonomi.
- Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan
materi yang telah dibahas dan meminta laporan hasil diskusi kelompok.
- Guru memberitahu siswa tentang topik pada
pertemuan selanjutnya, yaitu Tindakan ekonomi sebagai suatu bentuk
interaksi sosial.
|
Religius
rasa ingin tahu.
kerja sama
demokratis
komunikatif
|
Ø
Pertemuan II
TAHAP
KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
KARAKTER
|
- Kegiatan awal / pendahuluan (5 menit)
- Kegiatan inti (60 menit)
- Kegiatan akhir / penutup (15 menit)
|
-
Memeriksa
kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas
-
Memulai
pelajaran dengan bersama-sama membaca basmalah, bagi siswa non muslim berdoa
menurut agama masing-masing.
-
Memotivasi peserta didik untuk ulet dan
bekerja keras secara kreatif untuk mencapai sukses.
-
Dilanjutkan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan tentang Tindakan ekonomi sebagai suatu bentuk
interaksi sosial.
- Guru
mempersiapkan gambar-gambar tentang Tindakan
ekonomi sebagai suatu bentuk interaksi sosial.
- Guru menunjukkan gambar yang ditayangkan
melalui LCD.
- Guru memberi
petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa
gambar.
- Guru membentuk kelompok dengan anggota masing-masing 4
siswa.
- Guru membagikan LKS berisi gambar /foto kepada tiap
kelompok untuk dianalisa.
- Melalui
diskusi kelompok 4 orang siswa, hasil diskusi dari
analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
sebagai laporan hasil diskusi
kelompok.
- Tiap kelompok
diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
- Mulai dari
komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi Tindakan ekonomi sebagai suatu bentuk interaksi sosial.
- Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan
materi yang telah dibahas dan meminta laporan hasil diskusi kelompok.
- Guru memberitahu siswa tentang topik pada
pertemuan selanjutnya, yaitu pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses
pembentukan kepribadian.
|
Religius
rasa ingin tahu.
kerja sama
demokratis
komunikatif
|
Ø
Pertemuan III
TAHAP
KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
KARAKTER
|
- Kegiatan awal / pendahuluan (5 menit)
- Kegiatan inti (60 menit)
- Kegiatan akhir / penutup (15 menit)
|
-
Memeriksa
kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas
-
Memulai
pelajaran dengan bersama-sama membaca basmalah, bagi siswa non muslim berdoa
menurut agama masing-masing.
-
Memotivasi peserta didik untuk ulet dan
bekerja keras secara kreatif untuk mencapai sukses.
-
Dilanjutkan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan tentang pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi
terhadap proses pembentukan kepribadian.
- Guru
mempersiapkan gambar-gambar tentang
pengaruh
sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.
- Guru menunjukkan gambar yang ditayangkan
melalui LCD.
- Guru memberi
petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa
gambar.
- Guru membentuk kelompok dengan anggota masing-masing 4
siswa.
- Guru membagikan LKS berisi gambar /foto kepada tiap
kelompok untuk dianalisa.
- Melalui
diskusi kelompok 4 orang siswa, hasil diskusi dari
analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
sebagai laporan hasil diskusi
kelompok.
- Tiap kelompok
diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
- Mulai dari
komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses
pembentukan kepribadian.
- Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan
materi yang telah dibahas dan meminta laporan hasil diskusi kelompok.
- Guru meminta siswa untuk membuat kliping
dari media massa/online tentang pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses
pembentukan kepribadian yang dikumpulkan pada
pertemuan selanjutnya.
|
Religius
rasa ingin tahu.
kerja sama
demokratis
komunikatif
|
H.
SUMBER
BALAJAR
Buku IPS Terpadu BSE, Gambar/Foto dari internet, kliping
Koran dan Bahan Ajar.
I.
PENILAIAN
Indikator Pencapaian
- Mendeskripsikan pengaruh proses Interaksi sosial terhadap pembentukan motif ekonomi.
- Mendeskripsikan Tindakan ekonomi merupakan suatu bentuk interaksi sosial.
- Mengidentifikasi pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.
Teknik Penilaian
a Tes
tulis
b. Non
Tes
Bentuk Instrumen
a.
Soal Essay
b.
Unjuk Kerja : Laporan Hasil Diskusi
Kelompok.
c.
Uji petik unjuk kerja : Kliping
LAMPIRAN
A.
INSTRUMEN
EVALUASI
Soal Essay
- Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!
- Bagaimana sikap kita dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas ?
- Jelaskan prinsip ekonomi yang benar!
- Pada umumnya apakah yang menjadi motif ekonomi yang dilakukan manusia?
5.
Tentukan 5
macam kegiatan ekonomi yang dilakukan
seseorang dalam kehidupan sehari-hari
yang berdasarkan prinsip ekonomi!
B.
RUBRIK
PENILAIAN
1.
Soal
Essay
NO
|
SOAL
|
BOBOT
|
SKOR max
|
NILAI
|
1.
|
Jelaskan
kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!
|
5
|
4
|
|
2.
|
Bagaimana
sikap kita dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas ?
|
5
|
4
|
|
3.
|
Jelaskan
prinsip ekonomi yang benar!
|
5
|
4
|
|
4.
|
Pada umumnya
apakah yang menjadi motif ekonomi yang dilakukan manusia?
|
5
|
4
|
|
5.
|
Tentukan 5 macam kegiatan
ekonomi yang dilakukan seseorang dalam
kehidupan sehari-hari yang berdasarkan
prinsip ekonomi!
|
5
|
4
|
|
Jumlah
|
Petunjuk :
Skor = 0, 1, 2, 3, 4
Nilai akhir = (bobot x skor)
2. Pedoman
Penilaian Presentasi Kelompok
Nama :
Tugas kelompok :
NO
|
KOMPONEN
|
BOBOT
|
SKOR
|
NILAI
|
1.
2.
3.
4.
|
PENGUASAAN
MATERI
a. Kemampuan konseptualisasi
b. Kemampuan menjelaskan
c. Kemampuan berargumen
PENYAJIAN
a
Sistematika penyajian
b.
Visualisasi
c. Kemampuan menarik minat dan perhatian
KOMUNIKASI VERBAL
a. Penggunaan bahasa
b. Intonasi dan tempo
KERJASAMA KELOMPOK
a. Kontribusi anggota kelompok dalam menyampaikan presentasi
|
15
15
15
10
10
10
10
5
10
|
||
Jumlah
|
100
|
Petunjuk :
Skor = 0, 1, 2, 3, 4, 5
Nilai akhir = (bobot x skor) : 5
Mengetahui …….., 9 Agustus 2012
Kepala
SMP Negeri Guru
Mapel
…………………….. ……………………..
NIP. 19620313 198703 2 010 NIP.19760422 200801 1 006
Tags
ARTIKEL