BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latarbelakang
Dengan hadirnya internet yang merupakan pengembangan
teknologi komunikasi dan informasi, maka semakin mudah mengakses berbagai
informasi secara internasional. Internet merupakan Interconnection Networking
secara global karena merupakan jaringan komputer dalam skala internasional.
Internet merupakan salah satu sumber belajar bagi pelajar, karena dengan
menggunakan internet pelajar dapat mengakses informasi-informasi secara cepat
dan mudah. Bahkan berbagai sumber informasi dari berbagai media dapat
dimodifikasi melalui internet.
Perkembangan
teknologi yang semakin modern dan canggih ini bukan hanya memberi manfaat bagi
penggunanya tapi juga menimbulkan pengaruh yang negatif bagi penggunanya,
terutama bagi kalangan pelajar. Informasi-informasi atau situs-situs yang dapat
diakses dari internet ada yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan
tapi ada juga yang dapat merusak mental dari kalangan pelajar yaitu situs-situs
porno.
Dengan
adanya internet yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi jelek dari pengguna
internet terutama dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian kami untuk
melakukan penelitian ini, sekaligus menganalisis dampak positip dan dampak
negatip internet terhadap pelajar.
1.2. Tujuan Penulisan
1.
Menambah
pengetahuan tentang pengaruh internet terhadap penggunanya
2.
Menambah
pengetahuan tentang dampak positip dan negatip internet bagi pelajar.
1.3.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup penulisan makalah ini adalah mencakup pengaruh
atau dampak internet terhadap penggunanya. Dampak yang ditimbulkan oleh
internet terhadap pelajar dapat bersifat positip dan dapat bersifat negatip.
Antisipasi perlu dilakukan agar pelajar tidak kecanduan internet.
1.4. Sumber Data
1.
Tinjauan
pustaka tentang pengertian dan sejarah internet
2.
Pengamatan
langsung terhadap perilaku pelajar sebagi pengguna internet
3.
Tinjauan pustaka tentang dampak positip dan
negatip internet terhadap pelajar.
1.5. Metode
Metode yang kami gunakan untuk penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
Metode yang kami gunakan untuk penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.
Tinjauan
Pustaka
2.
Pengamatan
langsung
Kami mempergunakan metode ini dengan pertimbangan karena metode ini sangat relevan untuk penulisan makalah dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
Kami mempergunakan metode ini dengan pertimbangan karena metode ini sangat relevan untuk penulisan makalah dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
BAB
II
PEMBAHASAN
DAN ISI
2.1. Internet dan perkembangannya
Internet
sendiri berasal dari kata International Networking, yang maksudnya adalah dua
komputer atau lebih yang saling berhubungan kemudian membentuk jaringan
komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling
berinteraksi dan juga saling bertukar informasi.
Sedangkan
pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah
perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi
atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain
dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan
tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi,
internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan
pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan
perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
Pada
awalnya internet adalah suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen
Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan
bagaimana dengan hardware dan software computer berbabis UNIX bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Dulunya
internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar
informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana
bisnis mereka, dan pada saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia
telah mencapai jumlah lebih dari dua ratus lima puluh juta orang, dan jumlah
itu masih akan terus bertambah lagi.
Bertambahnya
jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini
internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana
mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana untuk
jejaring social seperti e-mail dan facebook serta kini digunakan untuk bisnis
mencari uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga telah lebih murah
jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. dan pengguna akses internet
pun bukan hanya orang yang berada di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal
di pedesaan pun juga dapat mengakses internet.
Quarterman
dan Mitchell membagi kegunaan internet dalam empat kategori, yaitu:
2.1.1
Internet
sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
2.1.2
Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide
web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
2.1.3
Media untuk mencari informasi atau data,
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber
informasi yang penting dan akurat.
2.1.4
Fungsi komunitas, internet membentuk
masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia.
Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi,
berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Karena sifat internet
yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai
cyberspace atau virtual world (dunia maya).
2.2. Dampak positip internet
terhadap pelajar
Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek
kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial.
Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya di seluruh dunia.
Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide
web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Media untuk mencari informasi
atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu
sumber informasi yang penting dan akurat.
Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan,
kebudayaan, dan lain-lain.
Internet
sangat memberikan pengaruh positip bagi pelajar. Kemajuan dunia informasi
memberikan manfaat positif pada keberadaan internet. Banyak pelajar yang
mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan tugas-tugas sekolah pun kini
terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.
Kalau
dulu, orang harus membuka berbagai jenis buku dan koran untuk mencari tahu
tentang suatu info. Atau dengan menyimak radio dan tv. Tapi kini, cukup dengan
bantuan internet, semua info seakan membanjir.
Banyak
pelajar yang sudah fasih dengan manfaat dan kegunaan situs-situs tertentu.
Cukup dengan berkunjung ke wikipedia, misalnya, sesuatu masalah telah
terselesaikan. Mereka juga dengan mudahnya googling untuk mencari tugas dari
sekolah.
Selain
mempermudah tugas sekolah, internet juga membantu pelajar untuk mengembangkan
diri. Mereka bisa tahu tentang info beapelajar, info lomba, dan berbagai info
bermanfaat lainnya.
Pelajar
juga dapat menggunakan internet untuk membuka wawasan dan memperluas pergaulan
mereka. Mereka dapat berteman dengan siapa saja dari mana saja. Pelajar pun
dapat berlatih kemampuan bahasa asing yang mereka miliki dari teman-teman baru
yang didapatnya dari internet. Berbagai manfaat internet bagi pelajar antara
lain yaitu :
2.2.1.1. Internet sebagai media komunikasi,
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.2.1.2. Media pertukaran data, dengan menggunakan
email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah.
2.2.1.3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan
internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang
penting dan akurat.
2.2.1.4. Kemudahan memperoleh informasi yang
ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
2.2.1.5. Bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
2.2.1.6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
Dampak
positip internet terhadap pelajar sangat besar. Dari pengamatan penggunaan
internet bagi pelajar pada warnet, bisa diketahui bahwa semakin lama penggunaan
internet semakin penting sebagai sarana komunikasi pelajar terutama pada
kalangan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Fasilitas internet
seperti e-mail, situs web ( www ), YM ( Yahoo Massenger ) dan jejaring social
facebook sudah sangat popular di antara para pelajar, baik sebagai sarana
komunikasi maupun alat untuk mencari data untuk penelitian lain juga sebagai
alat untuk memperluas pergaulan dan perkenalan antar pengguna internet. Selain
itu, penggunaan internet telah menimbulkan adanya bahasa baru yang dikenal
sebagai ‘bahasa internet’. Memang, bahasa yang dipakai dengan menggunakan
internet tergantung pada siapa dan dengan siapa pengguna internet
berkomunikasi.
Karena
dampak positif internet bagi pelajar sangat banyak, maka mau tidak mau, suka
tidak suka, kita harus menggunakan internet sebagai sarana komunikasi yang
tercepat dan tercanggih untuk saat ini dengan resiko menerima dampak
negatifnya.
2.3. Dampak negatip internet
terhadap pelajar
Dampak
Negatif Penggunaan Internet secara umum adalah sebagai berikut :
2.3.1. Cybercrime
Adalah
kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang
bersifat.
•
Melintasi batas Negara
•
Perbuatan dilakukan secara illegal
•
Kerugian sangat besar
•
Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk
cybercrime sebagai berikut :
1.
Hacking
Usaha
memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan
system jaringan.
2.
Cracking
Usaha
memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau
menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
2.3.2. Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.3.3. Violence And Gore
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
2.3.4. Penipuan
Hal
ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi
tersebut.
2.3.5. Carding
Karena
sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu
kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para
penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi
(yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan.
Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
2.3.6. Perjudian
Dampak
lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi
tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda
hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. Mengurangi sifat
sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada
bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat
mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti
menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut
berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut
pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan
tersebut.
Walaupun
banyak manfaat positif yang dapat diperoleh pelajar dari internet. Namun tidak
sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh internet.
Beberapa
berita melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur
yang masih berstatus pelajar yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring
sosial facebook di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapapun
memungkinkan terjadinya hal tersebut.
Pornografi
adalah pengaruh negatif internet lainnya. Banyak pelajar yang ditengarai sering
berkunjung ke situs-situs yang berisi gambar atau cerita porno. Hal ini tentu
saja merupakan situasi yang sangat memprihatinkan.
Kecanduan
permainan online yang melanda pada pelajar juga merupakan pengaruh negatif
internet. Kecanduan dan ketergantungan dapat membuat pelajar kehabisan waktu
dan energi untuk bermain. Akibatnya prestasi pelajar pun menurun.
Dampak
negatif internet pelajar yang makin hari semakin terasa memprihatinkan terutama
pornografi dan jejaring social facebook. Banyak yang tidak menyadari akan
pengaruh negatif internet khususnya facebook ini. Mungkin karena sudah
kecanduan dengan internet atau facebook. Tapi justru inilah yang berbahaya,
yang tidak disadari. Pengguna internet atau khususnya facebook di dominasi oleh
para remaja usia 14-24 tahun sebanyak 61,1%.
Berikut
ini dampak negatip internet khususnya facebook bagi pelajar :
1.
Tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya
Orang
yang terlalu asyik dengan dunia yang diciptakannya sendiri sehingga tidak
peduli dengan orang-orang disekitarnya. Hal ini sering dilakukan orang yang
kecanduan internet atau Facebook. Tidak peduli dengan lingkungan sekitar,
dunianya berubah menjadi dunia internet atau facebook.
2.
Minimnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini
dampak dari terlalu sering dan terlalu lama bermain internet atau facebook. Ini
cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial pelajar. Mereka yang
seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak
menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman teman facebooknya
yang rata rata membahas sesuatu yang nggak penting. Akibatnya kemampuan verbal
pelajar menurun.
3.
Boros
Akses
internet khususnya untuk membuka facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi
keuangan ( terlebih kalau akses dari warnet ). Dan biaya internet di Indonesia
yang cenderung masih mahal bila dibanding negara negara lain (mereka sudah
banyak yg garatis). Ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena
tidak produktif. Lain soal jika mereka menggunakannya untuk kepentingan bisnis.
4.
Mengganggu kesehatan
Terlalu
banyak melihat di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah
olah raga sangat beresiko bagi kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat
makan dan tidur tidak teratur. Obesitas ( kegemukan ), penyakit lambung (
pencernaan ), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin
terjadi.
5.
Waktu belajar berkurang
Ini
sudah jelas, terlalu lama bermain internet atau facebook akan mengurangi jatah
waktu belajar si pelajar. Bahkan ada beberapa yang masih asyik bermain facebook
saat di sekolah.
6.
Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga
di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para
pecandu internet atau facebookers. Buat mereka temen temen di facebook adalah
nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.
7.
Tersebarnya data pribadi
Beberapa
facebookers memberikan data mengenai dirinya dengan sangat detail. Biasanya ini
untuk orang yang baru kenal di internet hanya sebatas facebook saja. Mereka
tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data data di
internet mudah sekali bocor, apalagi facebook yang gampang sekali di hack!
8.
Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex
Mudah
sekali bagi para pecandu internet atau facebookers menemukan sesuatu yang
berbau porno dan sex. Karena kedua hal itu yang paling banyak dicari di
internet dan juga paling mudah ditemukan. nah, inilah fakta tidak dewasanya
pengguna intenet Indonesia. Di facebook akan sangat mudah menemukan grup sex,
grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.
9.
Rawan terjadinya perselisihan
Tidak
adanya kontrol dari pengelola jaringan internet atau khususnya facebook
terhadap para anggotanya dan ketidakdewasaan pengguna internet atau facebook
itu sendiri membuat pergesekan antar facebookers sering sekali terjadi.
10.
Rawan penipuan
Facebook
juga rawan terhadap penipuan seperti media media lainnya, Apalagi bagi anak
anak pelajar yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si
penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat
menguntungkan. Belakangan penipuan via facebook kian merajalela.
BAB
III
PENUTUP
3.1. Simpulan
Melihat dampak negatif dan positif dari teknologi informasi
dan komunikasi khususnya Internet di atas, dapat disimpulkan bahwa bila
dibandingkan dengan dampak negatif maka dampak positifnya adalah jauh lebih
banyak, jadi tidak mungkin kalau sampai dilarang di Inonesia.
Internet
memberikan manfaat yang begitu besar bagi pelajar tetapi di lain pihak internet
menjadi suatu media informasi yang tidak mudah untukdi batasi. Berbagai macam
informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan bercampur menjadi satu di mana untuk
mengaksesnya hanya perlu satu sentuhan jari saja. Berbagai informasi dengan
mudah didistribusikan kepada pemakai internet.
Terlepas
dari dampak yang mungkin akan timbul, internet tetap merupakan suatu teknologi
baru di bidang komputer dan komunikasi yang mampu memberikan berbagai kemudahan
bagi para pelajar. Dalam beberapa tahun ke depan dapat dipastikan bahwa
internet akan menjadi tulang punggung perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi.
3.2.
Saran
Untuk
mengatasi atau lebih tepat mencegah dampak negatif terutama untuk pelajar atau
remaja adalah sebagai berikut :
1.
Online
block : banyak dari pelayanan komersil, seperti American Online dan Prodigy
mempunyai mekanisme untuk mengakses daerah terlarang dan tidak tepat untuk
anak-anak atau pelajar. Jika anda bergabung pada pelayanan online,
akrabkan dengannya dan gunakan dengan persetujuan. Khusus di Indonesia, Radnet
– salah satu provider yang ada di Indonesia memang telah memblokir
majalah-majalah porno yang terdapat di Internet seperti Playboy dan Penthouse.
2.
Cheklist
: yakinkan bahwa anak-anak dan remaja tahu mana yang boleh dan tidak boleh.
Jangan pernah berikan informasi pribadi kepada orang asing. Jangan melakukan
pertemuan face to face dengan user yang lain tanpa persetujuan keluarga. Selalu
ingat bahwa anonimitas (ketakbernamaan) dari Net dapat membuat orang
menyembunyikan umur dan identitasnya.
3.
Menunggu
: tetaplah nongkrong ketika anak-anak sedang melakukan sesuatu. Tanyakan
favorit apa yang mereka lihat, biarkan mereka mengajarkan pada Anda
beberapa ‘stroke’net. Jika Anda concern pada kegiatan anak pada
online, cobalah berbicara pada mereka tentang hal tersebut. Buatlah komputer
menjadi kegiatan keluarga sehingga dapat dinikmati dan didiskusikan bersama
oleh seluruh keluarga.
4.
Lihatlah
jam : Perhatikan berapa yang harus dibayar ketika anak menghabiskan waktunya di
online. Banyak tagihan untuk BBS atau Online service. khususnya pada larut
malam, mungkin merupakan indikasi dari suatu masalah.
5.
Special
Software : Pertimbangkan pembelian software pembersih seperti Surfwatch, yang
mana akan melindungi computer yang meload dari salah satu tempat access pada
Internet yang diketahui berisi hal-hal sexual. Suatu usaha untuk mencari halaman
Penthouse Web, sebagai contoh,menghasilkan tulisan di layar “Block by
Surfwatch”.
6.
Anda tidak sendiri : Persatuan orang tua
dan guru di sekolah atau kelompok lainnya yang concern terhadap masalah itu
bersama- sama akan membawa kita ke tempat dimana kita dapat bertukar pengalaman
dan mendapatkan support dari orang yang menghadapi masalah yang sama. Juga
katakan pada tetangga, karena upaya Anda akan sia-sia jika anak di seberang
rumah tanpa batas
DAFTAR
PUSTAKA
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-internet/
http://www.scribd.com/doc/21330504/Pengertian-Internet
http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/
http://yayang08.wordpress.com/2008/05/07/dampak-internet-bagi-pelajar/
http://www.anneahira.com/pengaruh-internet-terhadap-prestasi-belajar-pelajar-5344.htm
http://qotrinnidaaz.blogspot.com/2009/11/dampak-positif-dan-negatif-internet.html
Tags
MAKALAH JARINGAN